Warga Pangandaran Diduga Jadi Korban Tipu Daya Calo Proyek



Pangandaran LHI

Modus akan ngasih proyek MCK, Salah satu warga Pangandaran diduga jadi korban mafia proyek atau calo proyek yang mengaku ngaku orang dekat atau koordinator kementerian PUPR Pusat

Modus dugaan penifuan mafia proyek berdalih akan ngasih puluhan paket proyek MCK yang bersumber dari Kementerian PUPR pusat dengan meminta uang puluhan juta rupiah.

Dari Informasi yang berhasil dihimpun LHI, terbongkarnya puluhan Proyek Bodong yang memiliki nilai Rp 189 juta per paket pekerjaan itu, yang ditawarkan pelaku yang mengaku koordinator kementerian PUPR dengan meminta uang dimuka sebesar puluhan Juta rupiah kepada korban.

Diketahui dugaan korban mafia proyek bernama Dedi Setiawan dan yang merupakan warga Dusun Kemplung, RT 3 RW 4, Desa Karangbenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.


Kepada LHI Dedi mengatakan, bahwa dirinya benar benar menjadi korban dugaan penipuan hingga Rp 80 juta. Rabu (15/12/2021).

Masih kata Dedi, " awalnya saya kedatangan tamu inisial IF dari Dusun Bageur, RT 21/RW04, Desa Sukarepih, Kecamatan Sukamanah, Kabupaten Tasikmalaya, dengan tujuan menawarkan paket projek MCK dari kementerian PUPR Pusat.

Tak panjang pikir, sayapun langsung membayarkan sejumlah uang kepada IF hingga berkali kali di beberapa tempat melalui transaksi transfer, hingga mencapai Rp 80.000.000.

Namun setelahnya kami cek kebenarannya, ternyata program pembangunan MCK yang bersumber dari kementerian PUPR itu benar adanya, namun dikerjakan secara swakelola, tidak di kerjakan oleh pihak ke tiga.

Setelahnya ketahuan belangnya, akhirnya IF los kontak, Nomor what's up sayapun di blokir, kata Dedi.

Sayapun merasa jengkel, kata Dedi, dan akhirnya saya mendatangi ke rumah IF, namun saya lagi di luar, selang berapa menit IF nelpon namun yang ngobrol awal bukan dia, melainkan temannya inisial R yang mengaku jurnalis di salah satu perusahaan media online.

Melalui sambungan telepon, R mengatakan, bahwa dia sangat yakin program MCK yang dijanjikan IF akan keluar, untuk meyakinkan soal itu R siap untuk taruhan.

Mangga sodara berasumsi bahwa program MCK yang di janjikan IF tidak keluar, namun saya sangat yakin akan keluar, karena kami sangat memahami semuanya, kata R.

Untuk itu hayu kita gemling (tarohan) kalau sebesar seratus jutaan, kata R.

Hingga pemberitaan ini terbit, Dedi Setiadi yang diduga jadi korban mafia proyek belum melaporkan ke pihak kepolisian, menunggu itikad baik IF hingga batas waktu yang sudah di tentukan. (AS)*

 



Post a Comment

0 Comments