DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Pemerintah Kota Banjar Raih Anugerah dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat Kategori Badan Publik Pemerintah Kabupaten dan Kota Menuju Informatif Tahun 2021


Banjar, LHI.

Pemerintah Kota Banjar meraih Anugerah dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat dengan Kategori sebagai Badan Publik Pemerintah Kabupaten dan Kota Menuju Informatif Tahun 2021 Tingkat Jawa Barat dalam Acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Senin 6 Desember 2021.

Kategori Anugerah Keterbukaan Informasi Publik diantaranya kategori Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif dan Tidak Informatif.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Banjar Dr. Drs. H. Ade Setiana, M.Pd , Kepala Diskominfo, Kepala Bidang Komunikasi dan Kasi Komunikas bertempat di Aula Dinas Kominfo Kota Banjar. Tahapan Pemeringkatan dari Komisi Informasi ini dimulai dari Self assisment dan Verifikasi Self Assisment yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Independen dan Komisi Informasi Propinsi Jawa Barat


Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal mengungkapkan, sejak tahun 2014 Komisi Informasi Jabar secara rutin mengevaluasi keterbukaan informasi pemerintah kabupaten kota dan juga badan publik lain di Jabar.

Pentingnya Penganugerahan monitoring dan evaluasi adalah secara regulasi diatur di dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik juga peraturan perundangan lainnya.  Sebagai bukti komitmen bahwa badan publik dalam menjalankan amanah peraturan perundang-undangan Keterbukaan Informasi Publik dan memberikan motivasi kepada Badan Publik agar melaksanakan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik dalam bentuk reward dan punishment.

Hasil survey indeks Keterbukaan Informasi Publik Jawa Barat Tahun 2021 mencapai angka 82.67 ini jauh melampaui angka indek keterbukaan informasi tingkat nasional yang hanya 78.

"Tingkat partisipasi badan publik dilihat pada pengembalian kuisioner. Pada tahun ini 114 badan publik yang mengembalikan tepat waktu,” ujarnya.

Lanjut Ijang juga mengatakan sangat mengapresiasi kepada seluruh badan publik yang telah memberikan kontribusi keterbukaan informasi terhadap masyarakat, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran badan publik.

Informasi menjadi energi yang mampu mengeksplorasi proses kecerdasan bangsa dan menurunkan berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Oleh karena itu negara harus hadir dengan semangat keterbukaan dan akuntabilitas sehingga keterbukaan informasi menjadi Ruh Utama badan publik dalam melayani masyarakat. Selain itu juga dalam rangka mewujudkan meningkatnya kepercayaan dan dukungan dari masyarakat terhadap pemerintah karena pemerintahan demokrasi yang baik itu adalah pemerintah yang dipercaya rakyat yang salah satu indikatornya percaya kepada pemerintah adalah dengan menjalankan pemerintahan yang terbuka dan akuntabel, “Ujar ijang

Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Badan Publik yang berprestasi, kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh karena itu kepada Pimpinan Badan Publik yang mendapatkan kategori informatif agar dipertahankan dan bagi yang kategori dibawahnya agar meningkatkan kinerjanya di tahun depan menjadi informatif.

Gubernur jawa Barat juga menyampaikan bahwa Badan Publik di Propinsi Jawa Barat harus menjadi institusi yang merespon disrupsi, menjadi teladan bagi masyarakat, dan institusi bisa beradaptasi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Banjar menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Banjar berkomitmen untuk lebih meningkatkan pengelolaan Layanan Informasi Publik dengan memperkuat PPID Pembantu di setiap Perangkat Daerah agar Pelayanan Informasi Publik dapat dilaksanakan lebih baik lagi.

Kepala Dinas Komunikasi Kota Banjar menambahkan bahwa pencapaian ini merupakan lompatan bagi Kota Banjar, yang menjadi indikator bahwa Kota Banjar terus berupaya dalam mengelola Keterbukaan Informasi Publik karena Keterbukaan Informasi Publik merupakan bagian yang terpenting dalam pelayanan publik, ini menjadi agenda dan motivasi bagi kami agar di tahun depan naik ke level tertinggi menjadi Badan Publik dengan kategori Informatif.  (ADV)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Post a Comment

0 Comments