Wabup Meranti H.Asmar Buka Secara Resmi kegiatan Advokasi Penggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

 

Meranti – LINTAS PENA

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Bapak AKBP (Purn,) H. Asmar  Buka Secara Resmi Pertemuan Advokasi Penggerakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Gemas Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021 di Ballroom Hotel Indobaru Senin(22/11/21) pagi.

    Di hadiri Wakil Bupati Meranti AKBP(Purn,) H.Asmar, Plt Kadiskes Fahri , Plt Kadishub Udin ,Perwakilan Kemenag, Perwakilan Forum Camat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti, dan Turut Hadir selaku Narasumber Ibuk Rozita Dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

    Kegiatan yang ditaja oleh Germas Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti ini bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat dan dukungan untuk infrastruktur dengan basis masyarakat.

    "Apresiasi dan beri arahan kepada seluruh peserta dimana Program ini memiliki beberapa fokus seperti membangun akses untuk memenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat serta pembangunan pemukiman yang layak huni ketiganya merupakan infrastruktur dasar yang menjadi pondasi dari gerakan masyarakat hidup sehat,"Ujar wabup H.Asmar

    Setidaknya terdapat 7 langkah penting dalam menjalankan Germas Ketujuh langkah tersebut merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat Indonesia. Adapun 7 langkah tersebut : 

    Melakukan Aktifitas Fisik, Makan Buah dan Sayur, Tidak Merokok, Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol, Melakukan Pemeriksaan Kesehatan secara berkala, Menjaga Kebersihan Lingkungan dan Menggunakan Jamban,"Kata wabup

    "Secara umum tujuan Germas  adalah menjalani hidup yang lebih sehat,Gaya hidup sehat akan memberi banyak manfaat, mulai dari peningkatan kualitas kesehatan hingga peningkatan produktivitas seseorang. Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dari gaya hidup sehat adalah lingkungan yang bersih dan sehat serta berkurangnya resiko membuang lebih banyak uang untuk biaya berobat ketika sakit.

    "Selain itu Kampanye dan sosialisasi ini dibutuhkan dukungan peran dari lintas sektor terkait, komitmen, dan yang terpenting adalah monitoring pelaksanaan Germas. Keberhasilan gerakan masyarakat hidup sehat ini sangat tergantung pada partisipasi aktif semua stakeholder dan masyarakat. Masyarakat perlu digerakkan untuk memiliki kemampuan untuk melaksanakan semua fokus kegiatan tersebut dan dapat melaksanakan dalam kegiatan sehari-hari,"Pungkas wabup

    
"Akhirnya, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Pertemuan Advokasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2021 Saya nyatakan Resmi dibuka,"ucap wabup dengan semangat (PONIATUN/Rls)

Post a Comment

0 Comments