Pembangunan PAMSIMAS di Kampung Panca Mulya Tuba Diduga Dikorupsi


Tuba,LHI

Program pembangunan peningkatan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) Kampung Panca Mulya, Kecamatan banjar baru, Kabupaten tulang bawang, disinyalir berbau korupsi.

Menurut informasi dari MJ salah satu warga Kampung Panca Mulya, saat di temui awak media bersama tim dilapangan menyayangkan, progam pembangunan PAMSIMAS yang menelan biaya ratusan juta lebih, tetapi di rasakan tidak efesien. "Ia mas, sebelumnya ini memang sudah ada, dulunya ini sumur bor bantuan dari bapak Feri Agusli sama Aris Sandi, pada tahun 2019, dan alhamdulilah sangat bermanfaat untuk kami, terus tahun ini yang saya tau kampung kita dapat bantuan PAMSIMAS dari Pemerintah, tapi kok bukan bikin sumur bor baru, tapi malah pakai sumur bor bantuan pak Feri Agusli sama Aris cuma di tambahin bangunannya. Dulu pakai 14 (empat belas) pipa, tapi sekarang setelah ada peningkatan malah di kurangi cuma pakai 11 (sebelas) pipa," ujar warga.

Sama halnya informasi yang didapat dari salah satu aparatur berinisial A, menjelaskan proyek pembangunan PAMSIMAS ini di kerjakan oleh MM. MM sendiri selaku Kaur Pemerintahan di Kampung Panca Mulya.

PAMSIMAS merupakan platform  pembangunan air minum dan sanitasi perdesaan yang dilaksanakan dengan pendekatann berbasis masyarat bertujuan meningkatkan jumlah masyarakat kurang terlayani termasuk masyarakat berpendapatan rendah di wilayah pedesaan dan Peri-urban yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi berkelanjutan untuk meningkatkan penerapan nilai prilaku hidup bersih serta sehat dalam rangka pencapaian target MDGs sektor air minum dan sanitasi universal.

Dari informasi time yang di kumpulkan terkait pembangunan PAMSIMAS yang menelan kurang lebih tiga ratus lima puluh juta dari Pemerintah Daerah untuk desa, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara(APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD)Provinsi,(APBD)Kabupaten, Anggaran Pendapatan Belanja Desa(APBDes)serta dana Kontribusi Masyarakat di Sinyalir banyak Penyimpangan.

Diharapkan kepada pihak-pihak terkait, pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang, untuk dapat melakukan kroscek terkait pembangunan PAMSIMAS di kampung Panca Mulya.( HOTEMANSYAH)

 

Post a Comment

0 Comments