Pelatihan Dinas KUKMP Banjar, Pinjaman BJB MESRA Tanpa Bunga Dan Jaminan Program Gubernur RK

Banjar, LHI,- Bank BJB Cabang Kota Banjar sebagai nara sumber dari Perbankan turut serta mengisi acara pelatihan kegiatan Dinas KUKMP Banjar yang mana dimaksudkan guna peningkatan pemahaman dan pengetahuan usaha mikro serta kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia usaha mikro. Peserta pelatihan di ikuti oleh 25 Pelaku UMKM se-Kota Banjar bertempat di Wana Wisata Situ Mustika Banjar, Kamis (4/11/21).


Manager bisnis UMKM Bank BJB Banjar Nugraha menuturkan kepada LHI, pihaknya lebih memberikan penerangan dan pemahaman tentang permodalan. Para pelaku UMKM dapat menyerap pinjaman modal KUR (kredit usaha rakyat) hingga nominal Rp. 500 juta. 


Bank BJB sebagai Bank Pemerintah Daerah memiliki juga program pinjaman MESRA yang merupakan program Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, menariknya pinjaman ini tanpa jaminan untuk itu warga Banjar pelaku usaha harus benar - benar mempergunakan pinjaman tersebut untuk kemajuan usahanya.


"Mekanisme pinjaman MESRA per kelompok minimal 5 Orang melalui DKM dan RT/RW setempat harus mengeluarkan surat keterangan warganya benar - benar memiliki usaha. Program ini tanpa bunga hanya ada potongan admin saja, tujuan dari Pinjaman Mesra ini untuk mengikis jeratan hutang ke Bank Emok/ Pinjol." Ujar Nugraha selaku Manager Bisnis UMKM Bank BJB Banjar.


Pinjaman MESRA dimaksudkan untuk mensejahterakan masyarakat usaha kecil. Para pelaku usaha mikro kecil di Kota Banjar dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 500 ribu hingga Rp. 5 juta dengan durasi angsuran minimal 6 Bulan dan angsuran maksimal selama 12 Bulan. 


Nugraha menegaskan, warga Banjar khusus pelaku usaha mikro kecil yang mau meminjam program MESRA harus lolos BI Cheking. 


"Kenapa harus BI Cheknya bagus karena untuk menumbuhkan para pelaku usaha kecil yang sehat dan menjahitnya agar tidak terjerat Bank Emok/ Pinjaman online. Meskipun mekanisme pinjamannya perkelompok dalam satu lingkungan tapi per orangnya dapat bisa meminjam maksimal Rp. 5 juta. Ini program sangat baik dari Gubernur Jawa Barat, pinjaman MESRA tanpa bunga". Tutur Nugraha.


Selain itu Bank BJB Banjar kini ada progeam QERIS, syarat utamanya harus membuat tabungan BJB lalu akan mendapat barcode agar dapat melakukan transaksi online baik pembayaran maupun memajang produk-produk UMKM Banjar berjualan online di QERIS Bank BJB. 


Kabid KUKM Tatang Nugraha menambahkan, para pelaku UMKM di Kota Banjar agar dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman Bank BJB KUR, Pinjaman MESRA maupun QERIS untuk mutlak kepentingan kewirausahaanya. 


"Para pelaku UMKM Banjar Jangan sampai setelah mendapat pinjaman BJB KUR atau MESRA, tapi tetap meminjam ke Bank Emok/ Pinjol. Jarilah mental juara bersungguh-sungguh untuk suskes menggerakan roda usahanya". Tutup Tatang (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments