Mengisi Rangkaian Hari Pahlawan Ke 76, Bupati Pangandaran Lakukan Ziarah Dan Tabur Bunga Di Makam Pahlawan

Pangandaran, LHI.

Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2021 ke 76, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata dan Wabup H Ujang Endin Indrawan, Ketua DPRD Pangandaran, Asep Noordin, Sekda Pangandaran Kusdiana, bersama Forkopimda dan Kepala OPD melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) bertempat di Dusun Sidahurip Desa Cintakarya Kecamatan Parigi, Rabu ( 10/ November /2021 ).

Sebelum ziarah dan tabur bunga, diawali dengan apel singkat yang kemudian ditutup dengan peletakan karangan bunga sebagai tanda penghargaan atas jasa – jasa para pahlawan. Kegiatan ini memang rutin dilakukan setiap tahunnya.

Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata menyampaikan, bahwa peringatan Hari Pahlawan di tahun ini jauh lebih singkat dan sederhana dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya, karena saat ini masih di tengah pandemi Covid – 19, yang Pangandran ini telah masuk Level 1, maka rangkaian acara upacara dan tabur bunga pun digelar cepat, singkat serta terbatas.

“Meskipun diperingati dengan ziarah, tetap kita selalu berusaha mengenang jasa para pahlawan yang pada waktu itu telah bersusah payah merebut kemerdekaan Republik Indonesia”, ujarnya.

Menurut Bupati, semangat juang para pahlawan patut dijadikan inspirasi bagi generasi penerus. Dan saat ini, kewajiban para penerus ialah menjaga kemerdekaan dan melanjutkan pembangunan.

Kepada para generasi penerus, Bupati berpesan agar selalu mengingat sejarah panjang para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Bupati Jeje menegaskan, berjuang tidak hanya membawa senjata. Namun, berjuang dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kondisi yang ada.“Terpenting, dapat melanjutkan pembangunan yang lebih baik kedepan,"terangnya.

“Jadi seperti saat ini, berjuang melawan Covid – 19, berjuang menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan dan masih banyak lagi”,ujarnya.

Menurut Bupati Jeje, di makam pahlawan ini, pertama tentu menjadi pembelajaran momentum bagi kita, yang tentu kewajiban saya selaku Bupati Pangandaran, berjuang bekerja untuk kesejahtraan masalah pangan. Saya kira kalo ada kebaikan dan kebagusan saya, itu bukan pahlawan, karena saya itu di beri gajih, di beri tunjangan di beri pasilitas, tapi makam yang di kuburkan itu ada pahlawan mereka yang tak pernah di pikirkan.

" Maka itu kewajiban kita, melanjutkan perjuangannya, dan tentu jaman sudah berbeda tidak lagi mengangkat senjata tidak lagi melawan penjajahan, tetapi suasana dan peradaban yang berbeda, tetapi nilai - nilai kepahlawanan tidak harus hilang. Sekarang musim Covid -19, ya pahlawan kalo mau di Vaksin, mengajak temen temennya bersama sama bergotong royong supaya mau di Vaksin berjalan dengan baik sehingga Corona cepet hilang," imbuhnya.

Bupati Jeje tambahnya, pahlawan ini orang yang berbuat dengan terbaik untuk masyarakat yang tak kenal lelah dan keikhlasan tidak pernah meminta jasa bekas berjuang, dan pahlawan itu bukan hanya pormal tetapi pahlawan itu adalah imez yang di bangun dalam rangka menghargai jasa pengabdian telah di lakukan.

" Mari kita Di hari yang berbahagia ini, di momentum ini bersemangat pahlawan. Pangandaran ini sudah masuk Level 1, ayo semuanya kita jadi pahlawan memakai masker, agar mau di vaksin agar Pangandaran terus berjalan dengan baik bekerja dengan normal, sehingga pembangunan berjalan dengan baik," Pungkasnya.( AS)*

Post a Comment

0 Comments