DISKUKMP Banjar; "Kunci Sukses UMKM Adalah Ilmu Dan Jangan Menyerah!"

Banjar, LHI,- Dinas KUKMP Kota Banjar melaksanakan Kegiatan pelatihan Peningkatan Pemahaman Dan Pengetahuan Usaha Mikro Serta Kapasitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan Kota Banjar Tahun Anggaran 2021. Kegiatan dilaksanakan bertempat di area kuliner Situ Mustika Kota Banjar selama 3 Hari mulai Selasa (234/11/21). 


Kepala Bidang KUKM Tatang Nugraha menerangkan bahwa peserta pelatihan diikuti sebanyak 25 Pelaku UMKM se-Kota Banjar. Setiap peserta di berikan fasilitas alat tulis, snack, makan siang, uang transfort per hari Rp. 100 ribu dan sertifikat sebagai tanda telah mengikuti pelatihan. Menurutnya kepada semua para pelaku UMKM yang belum mendapatkan pelatihan agar menjadi permakluman karena keterbatasan situasi Covid terutama anggaran.


Tatang menerangkan bahwa dana kegiatan bersumber dari dana kegiatan Kementerian KUKM sebesar Rp. 320 juta yang dibagi menjadi 5 kegiatan, dua kegiatan UMKM dan tiga kegiatan Koperasi. 


"Kegiatan pelatihan di November ini merupakan kegiatan terakhir Bidang KUKM Tahun 2021, sumber dana Rp. 320 juta dari Kementrian KUKM yang dimasukan menjadi APBD Kota Banjar". Ujar Tatang.


Kepala Dinas KUKMP Edi Herdianto, S,sos., M.Si membuka kegiatan Peningkatan Pemahaman Dan Pengetahuan Usaha Mikro Serta Kapasitas Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Usaha Mikro Dinas Koperasi, UKM Dan Perdagangan Kota Banjar Tahun Anggaran 2021. Di sela sambutanya Edi menekankan agar tetap menjaga prokes Covid-19, mengingat pentingnya kesehatan para pelaku UMKM di Kota Banjar. Ditegaskanya minimal kita harus selalu memakai masker sebagai filter agar virus Covid tidak masuk melalui mulut. 


Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar H. Edi Herdianto dalam sambutanya kepada 25 Peserta Pelaku UMKM menerangkan bahwa untuk menjadi pengusaha itu tidak mudah apalagi di situasi pandemi Covid seperti ini. Akan tetapi Edi memberikan kata kunci kesuksesan kepada para pelaku UMKM, kunci kesuksesan usaha adalah 'Jangan Menyerah jika jualan kita tidak laku'. Pada akhirnya dengan kita tidak menyerah, maka kita akan menemukan jalan kemudahan untuk meraih sukses dalam satu bidang usaha.


"Meskipun saya seorang Kepala Dinas, saya juga adalah pengusaha. Saya bersama keluarga membangun usaha pisang aroma dan Alhamdulillah dengan melewati berbagi tantangan, kini usaha tersebut sedang di puncaknya bahkan sampai ekspor ke beberapa negara. Setiap pelaku usaha pasti pernah rugi tapi mari jadikan cambuk dan motivasi agar usaha kita meningkat omsetnya bahkan menjadikan usaha yang maju". Kata Edi.


Kadis KUKMP Kota Banjar H. Edi Herdianto berharap, dengan melalui pelatihan kewirausahaan, semua peserta dapat menjadikan lompatan besar untuk dapat bangkit dan meningkat baik omset otomatis keuntunganya. Ditegaskanya bagi para pelaku UMKM yang belum memiliki atau melengkapi keterkaitan izin kewirausahan dan produk - produk UMKMnya untuk segera melengkapinya. Bagaimana produk UMKM Banjar bisa masuk Toserba dan lain sebagainya, apabila izinya belum ditempuh.


"Tetap semangat, jangan pernah putus asa dan jangan minder! Jika penjualan kita belum laku keras. Mari lewat pelatihan ini berbagi ilmu, karena semua usaha itu ada ilmunya yang akan membawa kita ke gerbang kesuksesan". Tutup Kadis KUKMP Banjar H. Edi (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments