DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati H. Muhammad Adil, SH Menjadi Opening Speaker pada Webinar Nasional Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru Kabupaten Purworejo


Selatpanjang – LHI

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Yayasan Pendidikan Webinar Pendidikan Kabupaten Purworejo Adiluhung Nusantara menyenggarakan Webinar Nasional Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru Kabupaten Purworejo dengan tema Mewujudkan Guru Cakap Bermedia Digital, Cakap Numerasi, dan Berkarakter dalam Menghadapi Tantangan Global, Sabtu (6/11).

Pada kegiatan ini Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, SH selaku Sekretaris Bidang Kerjasama Daerah APKASI menjadi Opening Speaker, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa tugas dan fungsi APKASI yaitu menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan APKASI dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah. Dalam pandangan APKASI pembangunan sumber daya Manusia secara merata merupakan permasalahan yang menjadi pekerjaan rumah pemerintah, karena kualitas sumber daya manusia sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa ditengah persaingan regional dan global.

"Dalam permasalahan perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter" Ungkapnya.

Beliau menginformasikan kepada seluruh peserta Webinar bahwa selama 10 tahun terakhir APKASI dan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara telah melatih lebih dari 160.000 tenaga pendidik di 180 daerah di Indonesia. Sebagai wujud percepatan pemerataan pendidikan di tanah air dan APKASI bersama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara melalui platform sahabat guru siap mengawal literasi digital di daerah agar dapat bersaing di era digital.

Pada akhir sambutan Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil menyampaikan sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas Indonesia, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik, dengan membawa Spirit Inspirasi untuk Indonesia maju.

Sebagai Pengurus APKASI H. Muhammad Adil menyampaikan bahwa APKASI ingin terus menjadi spirit bagi Kabupaten Purworejo untuk terus berkembang dan memberikan energi positif bagi negeri.

Turut hadir mengikuti webinar ini, Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi & Informatika Republik Indonesia), H. Agus Bastian, S.E, M.M (Bupati Purworejo), Dr. Himmatul Hasanah, M.P (Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan, inisiator Program Sahabat Guru), Prof. Dr. Dadan Rosana, M.Si (Guru Besar Evaluasi FMIPA UNY), Prof. Ir. Drs. Djohan Yoga, M.Sc., MoT, Ph.D (Pengembang Inovasi Pendidikan, International Certified Trainer in Education for Asia). Seluruh Guru Peserta Webinar Pendidikan & Launching Platform Sahabat Guru di Kabupaten Purworejo. (RAMLI ISHAK/Prokopim)

 

Post a Comment

0 Comments