Resmikan Gerai Presisi Vaksin Center Polres Meranti, Kapolda: Ini Yang Kedua Setelah di Mapolda Riau

 


Selatpanjang – LHI

Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SH SIK MSi meresmikan Gerai Presisi Vaksin Center Polres Kepulauan Meranti dalam serangkaian kunjungan kerjanya di kabupaten tersebut, Rabu (6/10).

Peresmian gerai vaksin yang terletak di Mako Polsek Tebingtinggi itu dilakukan Kapolda bersama Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH dan Bupati H Muhammad Adil SH.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan bahwa Gerai Presisi Vaksin Center Polres Kepulauan Meranti merupakan gerai kedua setelah di Mapolda Riau."Gerai Presisi Vaksin Center Polres Kepulauan Meranti ini merupakan yang kedua di Riau setelah di Mapolda," kata Irjen Agung.

Menurut Agung, pihaknya membangun Vaksin Center karena Covid-19 belum ada obatnya. Oleh karenanya, vaksinasi harus digiatkan agar masyarakat memiliki kekebalan, yang tidak hanya perorang tetapi kelompok.

"Kekebalan kelompok atau herd immunity yang kita harapkan mampu mencegah penularan dan menimalisir serta dapat mengendalikan penularan Covid-19, yang saat ini penularannya di Provinsi Riau sudah menurun, ini harus dipertahankan," kata Irjen Agung.

Dengan adanya gerai vaksin center yang sudah permanen ini lanjutnya, diharapkan masyarakat lebih mudah untuk mengakses sehingga target vaksinasi yang diinginkan oleh pemerintah bisa tercapai.

"Untuk itu kami juga berharap dari pak Bupati untuk berbagi vaksin. Jika sudah ada di Puskesmas bisa ditaruh di sini agar lebih mudah dan lebih banyak diberikan kepada masyarakat," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolres dalam laporannya menyampaikan bahwa, di Kabupaten Kepulauan Meranti terdapat 13 gerai vaksinasi dengan jumlah tenaga kesehatan dan relawan sebagai vaksinator sebanyak 188 orang dan tenaga tracer atau petugas pelacak kontak erat pasien Covid-19 sebanyak 85 orang.

"Untuk vaksinator Polres saat ini ada 11 orang yang dibagi menjadi dua tim yakni, 5 orang pada tim 1 dan 6 orang pada tim 2, dengan rincian dari tenaga kesehatan sebanyak 6 orang, Polri 1 orang, Bhayangkari 1 orang dan relawan sebanyak 3 orang," kata Andi Yul.

Sementara jumlah persentase masyarakat yang sudah divaksin lanjutnya, yakni sebanyak 47.255 atau 32.7 persen untuk dosis pertama dan sebanyak 23.296 atau 16,1 persen dosis kedua dan 494 dosis ketiga atau sebanyak 0,3 persen dari jumlah penduduk 206.116 jiwa.

"Adapun target yang akan dicapai yakni 70 persen atau sebanyak 114.281 jiwa," ujarnya.

Selanjutnya Kapolres menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang digelar hari ini melibatkan warga suku asli atau Akit, kaum disabilitas, pelajar dan masyarakat umum dengan jumlah dosis yang disiapkan sebanyak 1.000 dosis.

"Semoga Gerai Presisi Vaksin Center ini dapat bermanfaat dan berguna serta memudahkan untuk dilaksanakannya vaksinasi bagi masyarakat Kepulauan Meranti pada umumnya, dan gerai vaksinasi presisi ini dibuka setiap hari tanpa libur," harap Andi Yul.

Acara peresmian Gerai Presisi Vaksin Center Polres Kepulauan Meranti juga diisi dengan penyerahan bingkisan untuk petugas kesehatan yang diberikan langsung oleh Kapolda Riau.(RAMLI ISHAK/HUMAS POLRES)

 

Post a Comment

0 Comments