Ketua TP-PKK Kab.Ciamis Lakukan Pembinaan dan Monitoring Kesrak PKK, Bangga Kencana Kesehatan dan Lomba Posyandu


 

Ciamis,-LHI

Dalam rangka persiapan lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK, Bangga Kencana Kesehatan dan Lomba Posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis  Hj. Kania Ernawati Herdiat lakukan pembinaan dan monitoring di Desa Panjalu Kecamatan Panjalu, Kamis, 07/10/21.

Hj. Kania Ernawati Herdiat dalam sambutan pembukanya mengatakan adanya Kesatuan Gerak PKK, Bangga Kencana, Kesehatan dan Lomba Posyandu ini sangat penting dalam upaya kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut dikatakan beliau, sebagai persiapan menghadapi Lomba Kesatuan Gerak PKK sangat diperlukan kesiapan dan ketersediaan data-data yang lengkap dan rinci terkait kegiatan-kegiatan yang dilakukan tim kesatuan gerak dalam 3 bulan ke depan, ujarnya."Sehingga diharapkan adanya peningkatan-peningkatan seperti  terkait pelestarian lingkungan, SPAL, PHBS dan lain sebagainya," jelasnya.

Hj. Kania, mengatakan Kecamatan Panjalu dalam hal ini PKK Bangga Kencana Desa Panjalu menjadi wakil dari Kabupaten Ciamis dalam ajang lomba tersebut."Dalam sebuah lomba tentu nanti akan dilihat kelebihan-kelebihan dan potensi yang dimiliki oleh  TP PKK , termasuk inovasi-inovasi dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat," imbuhnya.

"Tentu kita harus mempersiapkan segala sesuatunya termasuk kelengkapan-kelengkapan dalam data, " ungkap Hj. Kania.

Dalam kesempatan tersebut, Hj.Kania menginstruksikan kembali kepada kader untuk meningkatkan kembali kegiatan-kegiatan Posyandu seperti vaksinasi balita, serta kegiatan yang sempat terhambat akibat level PPKM yang masih tinggi.

"Butuh sinergitas dalam kegiatan ini sehingga diharapkan partisipasi seluruh pihak yang terkait untuk bahu membahu dalam mensukseskan acara ini," ujarnya.

"Mudah-mudahan Desa Panjalu layak dijadikan perwakilan dari Kabupaten Ciamis dalam lomba di tingkat Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu Ahmad Ruhmani dari Dinas PPKBP3A  mengatakan monitoring dan pembinaan Kesrak PKK Bangga Kencana kesehatan secara rutin dilakukan setiap tahunnya.

"Hal ini dilakukan dalam upaya pemberdayaan dan peningkatan kemampuan para kader di setiap daerah termasuk dengan pembinaan- pembinaan," ujarnya.

Menurutnya, penentuan Lokasi Kesrak PKK Bangga kencana Kesehatan Desa Panjalu ini sebagai perwakilan dari kabupaten Ciamis  dilakukan berdasarkan hasil seleksi  secara selektif.

Camat Panjalu,  Dede Suparman dalam kesempatan tersebut mengatakan kedatangan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis di Kecamatan Panjalu ini  sebagai bentuk nyata dalam rangka pembinaan dan monitoring Kesrak PKK Bangga Kencana Kesehatan, ujarnya.

Dikatakan Camat Panjalu bahwa saat ini Desa Panjalu meraih nominasi Desa Mandiri nomor 1 Jawa Barat serta nomor  6 di tingkat Nasional dilihat dari penilaian Indeks Desa Membangun.

Dede Suparman juga menyatakan  kesiapannya atas Keputusan Ketua Tim Penggerak PKK yang memilih Desa Panjalu sebagai perwakilan Kabupaten Ciamis di tingkat provinsi dan akan menjalankannya dengan sebaik baiknya.

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas PPKBP3A, Perwakilan dari DPMD, Disdukcapil, Dinkes, Dinas Perpustakaan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Pertanian, Dinsos, Disdik, DKUKMP dan Diskominfo Ciamis.

Kegiatan dilanjutkan dengan monitoring ke Posyandu Lestari dan rumah contoh di Dusun Ciater Desa Panjalu. (LUKMAN NUGRAHA/PROKOPIM)

Post a Comment

0 Comments