DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati Ciamis Tutup Acara Pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru SMK Pertanian Se-Indonesia




Ciamis, - LHI

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan pengarahan sekaligus menutup acara pelatihan Upskilling dan Reskilling Guru SMK Pertanian Se Indonesia bertempat di Dusun Bedor Desa Sindangmukti Panumbangan, Senin (18/10/2021).

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh BBPPMVP Pertanian Kemdikbudristek bekerjasama dengan CV. Tanjung Mulya dan Naratas Poultry Group dalam rangka meningkatkan peran guru SMK pertanian khususnya komoditas ayam pedaging se Indonesia menuju era industrialisasi.

Kegiatan diikuti oleh 17 Guru SMK Pertanian dari seluruh wilayah Indonesia seperti dari Maluku, NTT, NTB, Kalimantan Timur, Jawa Timur, Sumatera  Utara, Cianjur dan daerah lainya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Herdiat menyampaikan Kabupaten Ciamis dianugerahi kekayaan alam dan potensi yang luar biasa termasuk dalam bidang pertanian dan peternakan.

"Berdasarkan data BPS tahun 2021, Kabupaten Ciamis merupakan produsen ayam pedaging dan daging ayam ke dua terbesar tingkat Jawa Barat dan Nasional," ungkapnya.

Bupati menerangkan, berdasarkan data Direktori Perkembangan Konsumsi Pangan tahun 2021, konsumsi daging ayam per kapita cenderung meningkat setiap tahunnya. "Atas peningkatan permintaan tersebut, tidak akan terlepas dari salah satu komponen agribisnis peternakan di sektor hulu yaitu budidaya peternakan, " Ucapnya.

"Maka dari itu harus diikuti pula dengan peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas ini dapat tercapai apabila ditunjang oleh tenaga kerja yang handal," Tambahnya.

Menurutnya, untuk menyiapkan anak didik yang siap terjun langsung dalam dunia usaha peternakan, diperlukan komitmen bersama lintas sektor mulai dari pemerintah sampai kepada tenaga pendidik dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Beliau berharap kegiatan pelatihan ini dapat dijadikan cikal bakal dalam mendidik anak bangsa khususnya di bidang pengunggasan agar lebih baik dan lebih maju. "Kami berharap dari kegiatan pelatihan ini bapak ibu semua dapat mentransformasikan ilmu yang didapat kepada anak didik sehingga nantinya mampu menciptakan peluang-peluang, terobosan-terobosan, inovasi dan kreasi sehingga membuka ruang usaha bagi masyarakat," Pungkasnya.

Sementara itu ketua pelaksana kegiatan Kuswara melaporkan kegiatan tersebut diselenggarakan sejak tanggal 2 Oktober 2021 dengan peserta guru SMK pertanian dari berbagai wilayah di Indonesia.

Beliau mengatakan, untuk tenaga pengajarnya sendiri berasal dari tenaga pendidik (dosen) dan para pengusaha di bidang peternakan. "Dengan kegiatan ini diharapkan para guru dapat berperan aktif berdasarkan pengalaman dilapangan sehingga bidang peternakan di Indonesia menjadi lebih maju, " Tandasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diselenggarakan penyerahan sertifikat kepada dua orang peserta terbaik yang diserahkan langsung oleh Bupati Ciamis dan Wakil Bupati Ciamis.

Turut hadir Wakil Bupati Ciamis, Komisaris CV. Tanjung Mulya, Komisaris Naratas Poultry Group, Camat Panumbangan, Ketua BAZNAS Ciamis serta tamu undangan lainnya. (LUKMAN NUGRAHA/ DISKOMINFO)***

 

Post a Comment

0 Comments