Wakil Bupati Rohil Sulaiman SS,MH Resmikan PAMSIMAS di Bagan Sinembah Raya


Rokan Hilir-- LHI

Wakil Bupati Rokan Hilir (Wabup Rohil), H Sulaiman SS MH meresmikan secara langsung program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) 5 Kepenghuluan di Kecamatan Bagan Sinembah Raya (Basira) TA 2021.

Kegiatan itu dilaksanakan di Paket F Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan Kecamatan Basira Kabupaten Rokan Hilir, Kamis (12/08/2021) sekira pukul 14.00 wib.

Adapun kelima kepenghuluan tersebut adalah Kepenghuluan Harapan Makmur, Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan, Kepenghuluan Bagan Sinembah,  Kepenghuluan Salak dan Kepenghuluan Bagan Sinembah Barat.

Turut hadir dalam peresmian tersebut, wakil ketua DPRD Rohil Hamzah, Camat Basira Drs HM Yusuf Msi, Kadis Perkim Rohil diwakili Budi Mulya, Provinsi Koordinator PAMSIMAS Irwan S.Sos MSI, OPD Rohil, para penghulu dan masyarakat Harapan Makmur Selatan.

Pada kesempatan itu, Sulaiman mengatakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bekerja keras dan berkomitmen dalam upaya meningkatkan akses air minum dan sanitasi yang layak untuk semua lapisan masyarakat.

Hal ini dilakukan melalui kolaborasi  berbagai mode pembiayaan, baik melalui dana APBN (Program Pamsimas), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun dana APBD kabupaten Rokan Hilir dan bahkan dana iuran masyarakat dan dari APBDes.

“Kebutuhan air minum dan tersedianya sarana sanitasi merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat, maka pemenuhannya sudah tentu menjadi sebuah keharusan. Dengan diresmikannya sarana air minum dan sanitasi ini menjadi anugerah dan bukti nyata keseriusan Pemerintah dalam membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi bagi masyarakat, dengan harapan fasilitas yang sudah dibangun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan tetap dijaga serta dikelola dengan baik,” tutur Sulaiman.

Oleh karenanya, Sulaiman menginginkan masyarakat untuk menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya program PAMSIMAS ini dan menjadi percontohan bagi daerah lain.

"Mudah-mudahan dengan suksesnya program PAMSIMAS di Rohil, kedepannya bisa dianggarkan kembali oleh pemerintah pusat," tandasnya.

Sebelumnya, Camat Basira Drs HM Yusuf dalam sambutannya menyampaikan di Kecamatan Basira saat ini mendapatkan program PAMSIMAS di 5 Kepenghuluan yakni, Kepenghuluan Salak, Bagan Sinembah Barat, Bagan Sinembah, Harapan Makmur dan Harapan Makmur Selatan.

"Dengan adanya Program PAMSIMAS ini tentunya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga," harap camat.

Disampaikan Camat bahwa daerah yang mendapat program PAMSIMAS ini mayoritas daerah berbukit. Dan bahkan jika dilakukan pengeboran sumur bor harganya bisa mencapai 12 juta per sumur, namun dengan adanya program ini masyarakat dapat terbantu dan bisa menikmati air bersih.

"Terima kasih kepada pemerintah pusat yang sudah memberikan bantuan program PAMSIMAS ini dan semoga bisa berfungsi sebagaimana mestinya," ucap Camat Yusuf.

Selanjutnya, usai memberikan kata sambutan, Wakil Bupati H Sulaiman meresmikan PAMSIMAS di Kepenghuluan Harapan Makmur Selatan itu dengan ditandai pengguntingan pita.

Pada kesempatan itu, Sulaiman dan rombongan juga mengecek langsung ke rumah warga saluran air. Air yang mengalir cukup deras menandakan debit air yang cukup.(SB)*

 

Post a Comment

0 Comments