DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Ketua DPRD Lamteng Sumarsono Dukung Penuh Program Kemitraan Konservasi Pemulihan Ekosistem Balai TNWK Bersama Masyarakat


Lampung Tengah LHI.

Balai taman nasional way kambas(TNWK) Lampung timur (Lamtim) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Lampung Tengah Selasa 3/8)2021.Kunjungan balai TNWK yang dikemas dengan silahturahmi tersebut disambut langsung oleh ketua DPRD lamteng Sumarsono didampingi sekretaris dewan(sekwan) Syamsi Roli.

Kepala Balai TNWK Lampung timur kuswandono mengatakan kunjungan kerja dilakukan dalam rangka mengkomunikasikan program kemitraan konservasi pemulihan ekosistem bersama kelompok tani hutan (KTH) dari masyarakat yang berbatasan dengan kawasan TN Way kambas dan pengembangan potensi wisata alam di balai TNWK bersama masyarakat.

Kemitraan konservasi juga akan dikembangkan dalam bentuk perjanjian kerja sama (PKS) selama 5 tahun Antara balai TNWK dengan KTH atas persetujuan direktorat jenderal(Ditjen) konservasi sumber daya alam ekosistem(KSDAE) kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan(LHK) untuk pemulihan ekosistem pada zona rehabilitasi kawasan TNWK. 

           Pemulihan ekosistem itu sendiri berupa penanaman pohon-pohon jenis endemik tidak direncanakan ditebang.tetapi dipilih jenis pohon yang berbunga bergantian sepanjang tahun sebagai lokasi pengembalaan ternak lebah madu yang dipelihara masyarakat KTH.

Langkah ini merupakan salah satu solusi bersama masyarakat untuk meningkatkan produksi lebah madu. Sehingga pendapatan ekonomi terus meningkat dan kegiatan ilegal dalam kawasan tnwk bisa ditekan"ujar kepala Lamtim , kuswandono saat konfirmasi salah satu media.

Menurutnya langkah ini tentunya sangat membantu TNWK kegiatan pemulihan ekosistem dengan keberhasilan lebih baik dan terjaga dari kebakaran hutan, karena masyarakat juga berkepentingan menjaga aset pakan lebah dan koloni-koloni lebah mereka.

"Dalam pertemuan tadi kami memang menyampaikan informasi yang sama pak ketua DPRD Lampung Tengah Sumarsono sangat mendukung upaya nyata kita untuk mencari solusi bersama masyarakat dan mewujudkan "hutan Lestari dan masyarakat sejahtera"selanjutnya Pak Sumarsono juga mengajak bertemu langsung dengan Bupati Lampung Tengah Muhammad dan Pak Bupati menyambut baik dengan mendukung penuh program ternyata tersebut ungkapnya.

Program balai TNWK ini pun disambut baik ketua DPRD lamteng soemarsono dalam rangka melestarikan hutan dan kesejahteraan masyarakat.

"lagi untuk kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat tentunya kita sangat mendukung dan semoga langkah nyata ini bisa berjalan baik kedepannya" harap Sumarsono.

Diketahui kunjungan ke balai tnwk ketua DPRD lamteng ini juga melakukan koordinasi dengan terkait rencana ketua komisi IV DPR RI dan Ditjen KSDAE kementerian LHK ke balai TNWK Lamtim yang akan hadir pada tanggal 6-7 Agustus mendatang.(Dedy/ADV).

 

 

Post a Comment

0 Comments