Kelompok Nelayan Cahaya Bintang Desa Kuala Merbau Sangat Perlu Mendapat Perhatian Dari Pemda Meranti


Meranti LHI

Baru-baru ini LHI turun kelapangan di Desa Kuala Merbau Kecamatan Pulau Merbau! Sesampainya di Desa Kuala Merbau LHI langsung kelapangan di pinggir kawasan rumah-rumah penduduk di tepi tebing kawasan laut pantai yang sangat luaas.

Setelah mnenelusuri tebing pantai laut LHI mampir di sebuah rumah disekitar tebing pantai laut tersebut di Desa Kuala Merbau, kebetulan pemilik rumah adalah ketua Kelompok Nelayan Cahaya Bintang bernama Norbid Muhammad!

Dalam pembicarannya norbid mengatakan kepada LHI ”kelompok nelayannya sejumlah 15 orang, alat tangkap kami sebagai nelayan sangatlah sederhana hanya menggunakan perahu atau sampan dayung untuk peergi kelaut, menggunakan jaring sebagai alat tangkap ikan, itu punjaring penangkap ikan kami sangat terbatas, maklum saja ekonomi kami sebagai nelayan sangat terbatas alias masyarakat kecil”, imbuh norbid sebagai ketua nelayan cahaya bintang kepada LHI dirumahnya.

Menurut keterengan ketua Lembaga Ikatan Pecinta Kedaulatan rakyat kepada LHI, desa-desa dipinggir tebing pantai laut di Kecamatan Pulau Merbau seperti Desa Kuala Merbau, Desa Tanjung Bunga, Desa Centai ini adalah desa yang mana mata pencaharian sebagaian dari masyarakatnya adalah nelayan yang tinggal di tebing pantai laut. Ini semua harus mendapat bantuan dari pihak terkait di Pemda Meranti yaitu di Sektor Dinas Perikanan.

Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan, perangkat di Dinas Perikanan harus turun kelapangan mendata masyarakat nelayan, supaya masyarakat nelayan mendapat bimbingan secarea rutin.

Kelompok desa-desa mana yang berhasil dikecamtannya masing-masing sebagai mata pencaharian dibidang nelayan, kalau kita pantau selam ini bantuan dari pemda melalui Dinas Perikanan Meranti bak kata pepatah sesepuh tua “Ibarat Batu Jatuh Kelaut”, tidak ada evaluasinya. (RAMLI ISHAK)

 

Post a Comment

0 Comments