Bupati Pangandaran Bersilaturahmi Dengan Para Guru Melalui Virtual, Ada 4 Poin Penting Yang Disampaikan

Pangandaran, LHI.

Sudah lama tida jumpa dengan para guru, Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata melakukan silaturahmi dengan ribuan guru melalui virtual di Command Center Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Pangandaran, Rabu (4/8)2021). "Hari ini kita bersilaturahmi dengan para guru melalui webinar, ungkap Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata kepada sejumlah media.

Webinar Pendidikan tahun 2021 yang bertemakan “Bupati Menyapa Guru” itu dihadiri oleh Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata sebagai Keynote Speaker, bersama Analisis Kebijakan Madya Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbudristek DR. Ir. Eko Warisdiono, M.M, Plt dan Kadis Dikpora Pangandaran DR. H.M. Agus Nurdin, M.Pd., Kabid Dikdas Dody Djubardi serta sekitar 700 akun yang melibatkan 3.500 guru PAUD, SD dan SMP se Kabupaten Pangandaran.

Jeje mengatakan, ada dua persoalan yang penting dan harus disampaikan kepada guru, yaitu yang pertama persoalan pandemi ini berakibat proses pembelajaran tidak berjalan dengan baik. “Kan ada yang melalui online dan offline yang saat ini masih berjalan. Kan ada lulusan virtual, ada sarjana online. Yang kelas lima tiba-tiba lulus tidak ketemu guru dan teman-teman sekolahnya,” kata Jeje.

Maka kekhawatiran dirinya hal tersebut berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Karena bagaimana pun peradaban kemajuan sebuah bangsa diukur dari pendidikan. “Maka dicari pola agar mutu pendidikan tetap terjaga di masa pandemi,” ujarnya.

Lalu poin yang kedua, lanjut Jeje, berkaitan dengan pandemi, posisi guru strategis di masyarakat, sehingga guru menjadi motor untuk memberikan pemahaman yang berkaitan dengan pandemi. “Memberikan pemahaman kepada masyarakat, corona ini seperti apa agar tidak terjadi mis komunikasi. Karena keberhasilan penagangan Covid-19 ini yaitu sampai sejauhmana pemahaman masyarakat, kenapa harus di vaksin, kenapa harus ke rumah sakit, kenapa harus isoman. Nah pemahaman itu sangat penting. Apabila angka kasus Covid-19 ini semakin turun, pembelajaran di sekolah pun bisa dilakukan kembali,” kata Jeje.

Sementara Plt. Kadis Dikpora Kab Pangandaran H.M. Agus Nurdin, M.Pd. menyampaikan ada empat poin yang disampaikan oleh Bupati Pangandaran saat Webinar. “Pertama, Bidang Pendidikan harus tetap menjadi fokus arah pembangunan walau di masa Pandemi. Kemudian guru harus dapat menjadi contoh dalam mengikuti Prokes dalam kehidupan sehari hari,” jelas Agus.

Selanjutnya, guru diharap mendorong percepatan pelaksanaan Vaksin baik di sekolah maupun lingkungan. “Terakhir, guru diharapkan mampu memberikan pengertian dan pemahaman yang benar terkait Covid-19 kepada masyarakat sekitar,” ungkapnya. (AS)*

Post a Comment

0 Comments