MASAGI Desak Dinas Perhubungan Kab. Pangandaran Segera Perbaiki PJU Yang Rusak


Pangandaran LHI

Beberapa perwakilan Mahasiswa Parigi (MASAGI) mendatangi Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran untuk menyampaikan aspirasinya.

Lingling Nugraha Senjaya sebagai Sekertaris Dinas didampingi oleh Kusyana sebagai Kabid dan juga Kepsek Yadi Haryadi menerima audensi dari Mahasiswa Parigi (Masagi) yang di pimpin oleh Tian Kadarisman, (8/7/2021).

Dalam audensi itu, Mahasiswa Parigi (Masagi) menyampaikan beberapa aspirasi terkait kerusakan lampu Penerangan Jalan Umu(PJU) yang berada di wilayah kecamatan Parigi.

Tian Kadarisman selaku Ketua Masagi mengatakan, dari sepuluh desa yang ada di Kecamatan Parigi, ada beberapa titik lampu penerangan jalan umum (PJU) yang sudah lama mengalami kerusakan, bahkan ada wilayah yang belum terpasang lampu penerangan jalan umum.

Dari kondisi itu sudah terjadi beberapa kejadian tindakan kriminal dan kecelakaan.

Salah satunya di wilayah Desa Cintakarya, wilayah tersebut menjadi tempat kejadian kriminal, dan banyak juga tragedi kecelakaan dibeberapa desa, seperti yang kita ketahui bersama bahwa kecamatan Parigi ini adalah ibu kota Kabupaten Pangandaran, masa ibu kota Kabupaten banyak lampu penerangan jalan umum yang mati dan mengalahi kegelapan di malam hari, ujarnya.

Adapun tuntuntan Mahasiswa Parigi (MASAGI) kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran sebagai berikut:

1. Mahasiswa Parigi mendorong Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran agar segera memperbaiki PJU.

2. Mahasiswa Parigi mendorong Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran bertanggung jawab untuk segera mengadakan PJU di beberapa titik yang gelap gulita.

3. Mahasiswa Parigi mendorong Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran bertanggung untuk jawab atas perawatan PJU. 4. Mahasiswa Parigi mendorong Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran untuk segera memberikan edukasi tentang pentingnya PJU di Kabupaten Pangandaran.

Ling Ling Senjaya Nugraha sbagai sekertaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pangandaran mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa Parigi yang sudah datang untuk bersilaturahmi dan menyampaikan aspirasinya ke kantor Dinas Perhubungqn Kabupaten Pangandaran.

Ling Ling juga mengatakan, untuk lampu penerangan jalan umum (PJU) itu sendiri ada 3 aset di Kabupaten Pangandaran, yang pertama ada aset PJU Provinsi, aset PJU Kementrian dan aset PJU Kabupaten Pangandaran.

Dari ketiga aset itu mempunyai kewenangan yang berbeda dan ketika ada aset PJU kementrian atau provinsi kami dari Dishub Kabupaten Pangandaran tidak memiliki kewenangan untuk memperbaikinya, kecuali Dishub di tingkat Kabupaten dengan provinsi/kementrian menjalin MoU untuk perbaikan dan perawatan lampu penerangan jalan umum yang berada di Kabupaten Pangandaran.

Untuk lampu penerangan jalan umum aset Kabupaten Pangandaran nanti kita akan segera memperbaikinya, tegas Ling-Ling.

Ada 2221 lampu penerangan jalan umum (PJU) Kabupaten Pangandaran yang tersebar di 10 kecamatan, ada 600 PJU yang mengalami kerusakan, 412 lampu penerangan jalan umum (PJU) sudah kami perbaiki, jelasnya.

Masih kata Ling Ling, setelah kami telusuri ternyata banyak sekali penyebab matinya lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Pangandaran, banyak sekali pencurian mesin /Accu yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, dan kami juga hanya di beri anggaran Rp 180 juta untuk memperbaiki PJU yang mengalami kerusakan, di sisi lain kami juga sangat kekurangan SDM untuk bisa menyelesaikan permasalahan- permasalahan terkait lampu penerangan jalan umum (PJU) di Kabupaten Pangandaran, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kusyana selaku Kepala Bidang mengatakan, pihaknya mengaku merasa sangat terbantu dengan kedatangan teman teman dari Mahasiswa Parigi (MASAGI).

Dengan kedatangan Mahasiswa Parigi di sini kita bisa saling berkolaborasi untuk kemajuan di Kabupaten Pangandaran, khususnya Kecamatan Parigi, dan kami akan segera menindak lanjuti dari apa yang teman teman Masagi sampaikan, pungkas Kusyana.(AS)*

 

Post a Comment

0 Comments