Bupat Rohil Afrizal Sintong Ajak Pengusaha, Masyarakat dan Pemerintah Kembangkan Potensi Pariwisata Rohil


Rokan Hilir--LHI

Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong mengajak pengusaha, masyarakat dan pemerintah untuk mengembangkan potensi pariwisata yang ada di Rokan hilir.Hal tersebut disampaikannya  saat membuka acara Rapat Koordinasi Kepariwisataan se-Provinsi Riau, di gedung Serbaguna H Misran Rais, Jumat (16/07/2021).

"Kita berharap melalui Rapat Koordinasi ini nantinya lahir ide-ide serta gagasan dalam hal pengembangan Kepariwisataan yang ada di Riau terkhusus di Rokan Hilir Ini, Apalagi menurutnya Rohil ini memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, Insya Allah kedepan Rokan Hilir bisa dikenal di tingkat nasional," Kata Bupati Rohil Afrizal Sintong.


Lebih lanjut, Afrizal Sintong  menjelaskan bahwa keberadaan potensi pariwisata yang ada di Rohil khusunya perlu dipromosikan seperti objek wisata Pulau Jemur, palika juga luar biasa dikenal dengan Panipahan kota diatas laut dan daerah lainnya di Rokan Hilir yang semula tiga kecamatan saat ini telah menjadi 18 kecamatan.

“Membangun pariwisata tersebut tidak boleh tangung-tanggung. Karena jika tanggung tanggung tidak akan cantik, karena ada berapa potensi yang menjanjikan untuk pariwisata seperti Tanjung Medan ada Danau Napangga, di Rantau Bais ada Pulau Tilan di Sintong ada candi disanalah sejarah tentang putri hijau,” Paparnya.


Pada acara itu tampak hadir kadis pariwisata provinsi Riau, Roni Rakhmat, kepala Dinas pariwisata se provinsi Riau, wakil Bupati H.Sulaiman.SS.MH, sekda Rohil M.Job Kurniawan, Dandim 0321/Rohil, kepala Dinas dilingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir.

Kepada Dinas Pariwisata  menjelaskan, Pariwisata Rokan Hilir potensinya sangat luar biasa dan bisa dikembangkan, insya Allah kedepanya kabupaten Rokan Hilir bisa dikenal ditingkat Nasional.

Adapun potensi pariwisata di Rokan Hilir , seperti pulau jemur, Danau Napangga, Pulau Tilan, di sintong ada candi dan event Nasional Bakar tongkang.” Harapan kami dengan adanya rapat koordinasi pariwisata se provinsi Riau ini, mari sama – sama kita mengembangkan pariwisata di Daerah kita ini, “ajaknya.


Kepala Dinas pariwisata provinsi Riau, Roni mengatakan, Rapat koordinasi ini dilakukan tiap Dua bulan , pindah -pindah kabupaten, sebelumnya di siak , jadi jadwal hari ini di Rokan Hilir.” Kita mencocokan informasi maupun hal -hal terbaru dan masih diteruskan beberapa kegiatan yang abjad untuk kedepanya, apalagi sekarang ini masalah covid, kita harus beradaptasi , kelaborasi jangan sampai pariwisata ini hilang total,” ujarnya.

Untuk itu, jelas Dia, harus ada beberapa inovasi untuk tetap pariwisata ini berjalan , seperti event secara pertual saja dengan tidak mengundang orang ,tetapi penontonya bisa dicegah , itu bisa dilanjutkan, tetapi apabila tidak bisa dicegah kerumunan masa harus dibatalkan.

“Jadi event – event kita tidak ada mengundang orang lagi tetapi konsepnya mengenalkan event tersebut di destinasi wisata sehingga Destinasi itu bisa dikenal ke semua tempat melalui media sosial tadi ,” jelas Roni.


Dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmad, S.STP.Msi lebih lanjut  mengatakan pihaknya akan mencocokkan koordinasi dan informasi-informasi terbaru maupun hal hal terbarukan sekaligus mensinkronisasikan berapa kegiatan yang update kedepan.

"Apalagi dimasa Covid-19  ini kita harus bisaberadaptasi serta berkaloborasi. Jangan sampaipariwisata ini hilang total.Jadi harus ada beberapa inovasi kitauntuk pariwisata kita tetap berjalan,"Ulasnya Kembali.

Adapun inovasi yang dimaksudyaitu menyesuaikan dengan kondisi saat ini dengan membuat event event pariwisata secara virtual dengan tidak mengundang orang.


Roni mengatakan ada beberapa event tidak dibatalkan yaitu yang bisa dicegah penontonnya bisa dilanjutkan. Sementara event wisata yang tidak dapat dicegah kerumunan massanya harus dibatalkan.

Sedangkan setiap event-event, kata Roni, pihak Dinas Pariwisata tidak bakal mengundang orang lagi. Melainkan bagaimana cara mengenalkan setiap event maupun destinasi wisata melalui media sosial (medsos).

Dinas Pariwisata Provinsi Riau waktu dekat bakal membuat kegiatan wisata di Kabupaten Rokan Hilir yang akan dipusatkan di Bagansiapiai berupa pameran foto "Bagan Heritage" atau Bagan Tempo Dulu akan digelar dengan sistem virtual."Itu nanti akan kita laksanakan di Kota Bagansiapiapi," tandasnya(ADV)

 

 

Post a Comment

0 Comments