Reuni Akbar 3 P78P Perkuat Silaturahmi Jaga Keutuhan NKRI Dibalut Berbagi Kepedulian Bersama

Banjar, LHI- Rasa haru biru yang mendalam tampak jelas saling tertumpahkan diantara ratusan Purnawirawan TNI Angkatan 78 Pangalengan pada acara Reuni Akbar 3. Kegiatan silaturahim bertempat di Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar, Minggu (12/7/2021).


293 Purnawiran TNI yang hadir tergabung dalam satu kesatuan Paguyuban 78 Pangalengan yang terdiri dari beberapa korwil bersatu padu pada reuni besar ketiga tersebut. Di antaranya dari Korwil Jabeka (Jakarta Bekasi Karawang), Bocimi (Bogor, Cianjur, Sukabumi), Bandung Raya, Sumgar (Sumedang Garut), Macik (Majalengka, Cirebon, Indramayu, Kuningan) serta Korwil Bacita (Banjar Ciamis Tasik).


Ketua Umum Paguyuban 78 Pangalengan Letkol (Purn) H. Muslich menerangkan kepada LHI, Reuni Akbar P78P kali ketiga tersebut sebetulnya adalah reuni yang ke-4 kalinya.


"Alhamdulillah reuni akbar kali ini meskipun persiapanya hanya dalam tempo singkat, namun yang hadir sebanyak 293 Purnawirawan. Bahkan ada yang hadir juga dari Kalimantan, tujuan utamanya adalah untuk memperkuat tali silaturahmi dengan tetap menjadi bagian menjaga keutuhan NKRI, UUD 45 serta Pancasila sekaligus P78P sebagai pasukan lapis kedua berperan aktif mempersatukan perbedaan baik secara keanekaragaman termasuk perbedaan politik. 


Letkol (Purn) H. Muslich menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Banjar atas ijin pelaksanaan reuni Akbar. Prokespun dilaksanakan sebagaimana mestinya mulai dari cek suhu badan dan lainnya. 


Ketua Pelaksana Reuni Akbar P78P Mayor TNI (Purn) Ruhyana menjelaskan, bahwa bukan hanya sebatas Reuni Akbar akan tetapi dalam rangkaian kegiatanya ada santunan berupa paket sembako dan uang yang diberikan kepada Anak Yatim Piatu dan bingkisan untuk Wakauri.


" Semoga kedepanya semakin terjalin silaturahmi yang baik dan Insya Alloh pembagian santunan juga dapat lebih banyak. Kami selaku Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih dan mohon maaf sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaanya sudah pasti terdapat kekurangan." Kata Mayor TNI (Purn) Ruhyana.


Pemberian santunan dan bingkisan diberikan oleh Dalijo, S.IP ., M.Si sekaligus sebagai Anggota DPRD Kota Banjar dari Fraksi PDIP yang di ikuti oleh semua Pengurus P78P dalam sesi foto bersama. 


Bertindak sebagi Korlap Reuni Akbar P78P Margono menambahkan, bahwasanya acara berjalan lancar dan penuh khidmat dan haru saat melakukan sesi foto bersama baik semua maupun perkorwil. 


"Ketika bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Alhamdulillah semangat ke-NKRI-an dibalut silaturahmi yang semakin meng


uat sangat terasa oleh kami Paguyuban TNI 78 Pangalengan dan penerapan prokespun sesuai harapan untuk saling menjaga bahaya dari Covid-19." Ucap Margono.


Ketua Umum Letkol TNI (Purn) H. Muslich bersama kepanitiaan dan korwil dipenghujung acara melakukan penggalangan dana awal untuk kebersamaan berkepedulian sekaligus mendoakan para Purnawirawan yang telah wafat mendahuli serta doa kesembuhan dari segala penyakit dipanjatkan untuk para Purnawirawan yang sedang sakit. Hasil penggalangan dana untuk kepedulian bersama terkumpul sebesar Tiga Juta Rupiah Lebih.


Dari pantauan LHI, kegiatan Reuni Akbar ke-3 P78P merupakan sebuah hal yang luar biasa dan jelas patut di contoh dalam kita menjaga persatuan dan kesatuan baik dalam bernegara dan berbangsa yang dibalut bersama-sama saling peduli baik ke internal P78P maupun kepedulian kepada sesama yang digambarkan melalui kepedulian berbagi santunan untuk para anak yatim dan kaum dhuafa. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments