Selama Bulan Ramadan KBPP Galakan Literasi dan Berbagi


Pangandaran LHI

Puluhan pemuda yang tergabung dalam Kumpulan Barudak Pasirpeuteuy (KBPP) Desa Mekarwangi, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran mengisi bulan suci ramadhan dengan gelar  kegiatan literasi dan berbagi.

Ketua KBPP Ujang Sirojul Fauzi menyampaikan, kegiatan ini sengaja kita gelar karena melihat kondisi di sini khususnya anak anak tingkat dasar minimnya budaya membaca, anak anak lebih mementingkan gadgetnya ketimbang membaca buku.

"Terlebih mengingat Desa mekarwangi juga masih kurang dalam minat baca masyarakatnya dan tentu ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama baik pemuda dan pemerintahan desa untuk terus meningkatkan minat baca masyarakat, paparnya.

"Padahal mereka merupakan generasi untuk melanjutkan perjuangan dalam merubah tata peradaban di masa depan yang lebih baik.

Ujang menambahkan, kami ingin mengenalkan bahwa membaca itu penting dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sejak dini agar ketika anak anak tersebut masuk ke jenjang sekolah menengah atau perguruan tinggi sudah terbiasa dengan literasi sehingga perkembangannya akan begitu cepat.

"Maka oleh karena itu kami sebagai pemuda sangat peduli terhadap pendidikan generasi masa depan sehingga  kami berinisiasi untuk menggelar kegiatan literasi dan jadwal buka setiap hari selama bulan ramadan, tambahanya.

"Ini semua merupakan bentuk kepedulian para pemuda terhadap pendidikan bagi anak anak khususnya di dusun pasirpeteuy desa mekarwangi.

Adapun buku bacaan yang di pakai hasil pinjam dari perpustakaan desa mekarwangi dan juga pinjaman dari sahabat sahabat mahasiswa desa mekarwangi.

Pada H-3 lebaran kami memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu di Dusun Pasirpetey dan bagi bagi takjil kepada warga sekitar.

Ditambah kita juga memberikan bantuan berupa buku tulis kepada para siswa tingkat dasar agar mereka lebih semangat dalam mencari ilmu.

Pada kesempatannya Penasehat KBPP Andri Purna Irawan mengatakan, Kegiatan seperti ini mesti terus di galakan oleh para pemuda, karena dengan literasi kita bisa maju baik dalam sektor pendidikan, ekonomi, politik, kebudayaan, keagamaan dan sektor sektor lainnya.

Literasi menjadi modal pokok dalam peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan kemajuan sebuah daerah tergantung SDM yang mengisinya.

Andri menambahkan, apa yang dilakukan para pemuda ini sudah sangat baik dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan piatu dan berbagi takjil, selain ada nilai religiusnya disisi lain untuk meningkatkan jiwa sosial kita sebagai pemuda karena pemuda harus berperan dalam sektor apapun dan pemuda harus membawa optimis perubahan yang lebih maju.

Saya berharap, kegiatan ini terus dilanjutkan bukan cuma hanya pada bulan ramadan saja tetapi di bulan bulan selanjutnya, dan mari kita ajak adik adik kita terus kita motivasi agar terus melanjutkan pendidikan jangan sampai ada anak yang putus sekolah apalagi karena biaya sekolah, pungkasnya.(AS)

 

 

Post a Comment

0 Comments