DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Peringati Hari Jadi Musi Rawas Ke-78 Momentum Menuju Musi Rawas MANTAB


Musi Rawas, LHI

Rapat paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Rawas, dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Musi Rawas ( Mura) Ke-78 Tahun, berjalan sukses, yang jatuh hari ini Selasa (20/04/2021)

Pantuan Wartawan, Pelaksanaan  momentum hari jadi  kabupaten Musi Rawas yang ke 78 berlangsung di Ruang Paripurna DPRD tetap mengunakan protokol kesehatan dan bertepatan dengan tahun pertama periode kepimpinan Hj Ratna Machmud dengan Hj Suwarti menuju Musi Rawas Mantab,

Terlihat Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi Ketua TP. PKK Sumsel Hj. Febrina Mustika menghadiri acara ini, bersamaan  dihadiri oleh Bupati dan Walikota Se-Sumatera Selatan, Forkominda Kabupaten Musi Rawas, OPD, Cama se - Musi Rawas serta tamu undangan.

Rangkaian acara paripurna istimewa diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an yang dibacakan oleh Qori internasional terbaik kabupaten Musi Rawas.

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru  didampingi Ketua TP PKK Sumsel Hj. Febrita Lustia HD hadir langsung  dalam sidang Paripurna Istimewa  DPRD  Musi Rawas.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dibacakan Qori internasional Musi Rawas, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembukaan sidang paripurna istimewa yang dipimpin Azandri, S.IP selaku  Ketua DPRD Mura.

Ketua DPRD Kab. Mura,  Azandri mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah hadir, kemudian secara singkat memaparkan kembali secara singkat sejarah lahirnya Kabupaten Musi Rawas.

Azandri juga menyebut pada HUT Musi Rawas  kali ini sangat istimewa di tengah situasi kebiasaan baru yang juga diharapkan akan menjadi momentum intropeksi untuk pelaksaanann pembangunan di Musirawas dimasa mendatang."Harapan kita semua di tahun 2021 ini pembangunan di daerah ini akan lebih mantap sesuai dengan visi misi Musi Rawas mantab," tegasnya.

            Semetara itu  Bupati Musi Rawas, Hj. Ratna Machmud dalam sambutannya menegaskan, Kabupaten Mura  ke 78 memberi kesan sangat berarti yang bertepatan dengan tahun pertama dirinya bersama Wabup Hj. Suawarti memimpin Mura dan mewujudkan Mura Mantab (Maju, Mandiri  dan Bermartabat).

Disela-sela pidatonya Hj Ratna Machmud juga menayangkan video prifile perkembangan pembangunan Kabupaten  Musi Rawas hingga usia 78 Tahun dan yang akan dibangun dimasa mendatang,

" Kabupaten Musi Rawas sudah berhasil melahirkan dua Daerah Otonomi Baru ( DOB) yakni Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas Utara ( Muratara),"jelas bupati

Diantaranya menonjolkan keberhasilan pembangunan  destinasi pariwisata, berhasil mewujdukan pembangunan Mura religius, penerapan pemerintahan cepat dan tepat  berbasis teknologi informasi. Dia juga memprogramkan satu mobil ambulan setiap desa. Infrastruktur jalan mulus juga menjadi target pasangan Hj. Ratna Machmud dan Hj Suwarti  dimasa kepemimpinan keduanya lima tahun ke depan.

"Bapak Gubernur kita patut berbangga daerah ini telah banyak mencapai prestasinya. Namun IPM  menunjukan penurunan di  tahun 2020, demikian juga dengan angka kemiskinan meningkat di tahun 2020. Selain itu  permasalahan kesehatan jadi masalah penting untuk dituntaskan.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut pihaknya telah menyusun program prioritas diantaranya melalui program sekolah grtatis, program  kesehatan gratis, peningkatan SDM melalui program  beasiswa bagi siswa berprestasu. Selain itu  peningkatan infrastuktur dasar, peningkatan sektor pertanian dan penerapab  layanan berbasis teknologi."Semua ini mustahil akan dapat kami capai tanpa ada sokongan dan dukungan dari pak Gubernur," harapnya.

Gubernur Herman Deru dalam arahannya menyebut lahirnya Kab. Mura di Tahun 1943. saat ini usia 78 tahun menandakan daerah itu usianya sudah mapan. Namun harus  berpacu kembali membangun infratruktur karena aset asetnya secara sukarela diberikan pada Kota Lubuk Linggau yang dilahirkannya.

"Tahun ini kita akan bantu daerah ini membangun Rumah Sakit Umum Daerah yang lokasinya benar-benar di daerahnya. Selain itu juga akan kita bangun pasar komodintas yang tanahnya milik pemprov yang proses hibahnya akan kita lakukan dalam waktu dekat," ucapnya./RELEASE// ADV// A. KURNIAONE//

 

Post a Comment

0 Comments