Hadi Berharap, Program P3AI di Desa Cibanten, Pangandaran Dapat Meningkatkan Kesejahteraan dan Ekonomi Petani


Pangandaran LHI

Program percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Sumber Daya Air pada Irigasi Kecil ( P3AI ) dalam rangka mendukung program Ketahanan Pangan Nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat tani dalam rehabilitasi irigasi kecil secara partisipatif di wilayah pedesaan, Rehabiltiasi irigasi kecil secara partisipatif merupakan wujud pemberdayaan masyarakat tani secara terrencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi kecil.

Hadi Ketua Kelompok P3A Marga Jaya Cibanten Kepada awak Media mengatakan, progaram P3AI kali ini merupakan bantuan program yang kedua kalinya untuk Desa Cibanten.

Program P3A ini kita kerjakan dengan sewa kelola yang dilakukan oleh pengurus dan anggota kelompok P3AI Marga Jaya Cibanten.

Masih kata Hadi, Bantuan P3A tahun ini sebasar RP 195 Juta, yang bersumber dari anggaran APBN, dengan anggaran itu kita bangun saluran irigasi kecil untuk mengalirkan air ke sawah milik warga, sepanjang 250 Meter.

Alhamdulilah program yang di terapkan kali ini dapat mengairi pesawahan seluas 20 Hektar, sehingga progaram P3AI ini sangat bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat Desa Cibanten.

Di akhir kata Hadi berharap kedepan kelompok P3AI Marga Jaya Cibanten ini bisa mendapatkan kembali bantuan ini, karena dengan bantuan yang sudah kami alokasikan masih tersisa sekitar 500 Meter lagi yang harus di lanjutkan, pungkasnya. Pada kesempatan yang sama, Kades Cibanten mengatakan, apresiasi yang setinggi – tingginya  kepada Pemerintah yang telah mengucurkan Program berupa P3AI yang manfaatnya sangat besar bagi masyarakat Petani, khususnya di Desa Cibanten.

Kelompok P3AI Marga Jaya Cibanten yang didirikan sejak lama ini sangat antusias untuk merealisasikan program tersebut.

Proses pemberdayaan yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan konstruksi, pengawasan, pengelolaan jaringan irigasi kecil dengan melibatkan peran masyarakat sebagai pelaksana kegiatan.

Pemberdayaan masyarakat Petani melalui P3AI bertujuan untuk memperkuat dan menigingkatkan kemandirian masyarakat tani dalam kegiatan pengelolaan jaringan irigasi

Kades Cibanten juga menyampaikan rasa syukur serta terimakasih  kepada Pemerintah baik Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten  yang telah menurunkan Program Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dengan tujuan mulia, pemberdayaan bagi Masyarakat Petani agar dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomiannya, pungkasnya. (AS)*

 

 

Post a Comment

0 Comments