Sebentar Lagi Akan Berdiri Gedung Kampus IAIN di Pangandaran


Pangandaran LHI

Tidak akan lama lagi di Kabupaten Pangandaran akan berdiri Gedung Kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Hal itu disampaikan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dalam sambutannya, di acara Rapat Kerja Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati Bandung di Hotel Pantai Indah Pangandaran, Selasa (9/3/2021).

Jeje Wiradinata mengatakan, dampak dari berdirinya kampus baru IAIN di Pangandaran pengaruhnya akan luar biasa.

"Kita nanti, akan meminta kuota untuk warga Pangandaran. Dan ini dampak sosial dan politik nya juga akan luar biasa. Kajian pendidikan agama akan lebih luas," ujar Jeje melalui sambutannya, Selasa (9/3/2021).

Jeje berencana, untuk pembangunan gedung Kampus IAIN di Pangandaran, Pemerintah Daerah menyediakan lahan milik negara seluas 25 hektar."Kemungkinan pertengahan tahun 2021, perkuliahan sudah bisa dimulai, bisa nanti kita siapkan gedung sementara sembari menunggu pembangunan kampus selesai," ucapnya.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Nizar Ali mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Bupati Pangandaran yang merespon untuk meningkatkan pendidikan di Jawa Barat, khususnya di wilayah Pangandaran.

"Nanti untuk institusi secara umum, minimal tiga fakultas atau enam prodi. Kalau jumlahnya, tentu tidak terbatas. Hanya, minimal ada enam prodi dan satu Fakultas dua prodi," kata Ia.

Menurut Nizar, tahun 2021 ini akan menyiapkan perijinan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan lainnya sehingga gedung kampus bisa di bangun pada tahun 2022."Namun jika pertengahan tahun 2021 sudah jadi, mungkin operasional sudah bisa dilakukan," katanya.

Sementara, nanti untuk prodi akan disesuaikan dengan kebutuhan lokal, seperti Bidang Perikanan dan Pariwisata yang halal."Nanti IAIN di Pangandaran akan berbeda dengan yang lainnya, akan relevan dengan kontekstual wilayah Kabupaten Pangandaran," (AS).

 

 

Post a Comment

0 Comments