Dinas KUKMP Banjar, 2021 Koperasi Banjar Gunakan Digitalisasi Dan 2022 Masyarakat Bisa Mengaksesnya

Banjar, LHI,- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kota Banjar melaksanakan kegiatan pendidikan dan latihan perkoperasian bagi koperasi yang wilayah keanggotaan dalam daerah Kabupaten/ Kota. Kegiatan tersebut merupakan sub kegiatan peningkatan pemahaman dan pengetahuan perkoperasian serta kapasitas dan kompetensi SDM koperasi. Acara dilaksanakan bertempat di Aula Rapat Rm. H. Dian Kota Banjar selama tiga hari (16-18/3/2021).


Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar H. Edi Herdianto, S.Sos., M.Si didampingi Kabid UKM Tatang Nugraha, SE., M.Si dan Kasi Koperasi Ago Wijaya SE, MM, membuka kegiatan tersebut bersama 25 Orang Perwakilan dari Koperasi - koperasi dari wilayah Kota Banjar.


Edi berpesan agar selama pelatihan tersebut semua SDM Koperasi yang hadir dapat memanfaatkan sepaham mungkin terkait materi-materi yang diberikan dan Koperasi di Kota Banjar dapat menerapkanya dalam pengelolaan Koperasi untuk lebih baik lagi. 


"Pelatihan itu tidak ada batasnya, diharapkan. semuanya bisa aktif agar semua SDM Koperasi di Kota Banjar memiliki kompetensi yang mumpuni".  Ujar Kadis KUKMP Kota Banjar Edi Herdianto yang lansung membuka kegiatan tersebut. 


Dengan pelatihan SDM Koperasi berbasi digital berharap pula agar Koperasi - Koperasi di Kota Banjar dapat bersaing lebih baik dan lebih maju dari Koperasi yang ada di luar Kota Banjar. "Saya mengingatkan selama kegiatan berlangsung mohon untuk semuanya dapat mentaati prokes Covid-19". Ujar Edi.


Kepala Bidang UKM Tatang Nugraha menerangkan kepada LHI bahwa pelatihan peningkatan SDM Koperasi dimaksudkan untuk mempermudah kontrol dan laporan baik keuangan serta transparansi. Menurutnya digitalisasi diterapkan pada pengelolaan managemen Koperasi dapat saling menghemat waktu dan operasional. Untuk itu dirinya menekankan agar semua SDM Koperasi yang hadir dapat mentransfer ilmu digital ini kepada seluruh SDM di tubuh Koperasi masing-masing.


Ago Wijaya selaku Kasi Koperasi Dinas KUKMP Kota Banjar menambahkan, dasar dari kegiatan tersebut merupakan tindaklanjut dari program Tahun sebelumnya, diantaranya telah diberikanya 35 unit laptop kepada Koperasi guna mendorong mereka menggunakan aplikasi digitalisasi.


"Digitalisasi untuk Koperasi ini sebagai aplikasi yang di fungsikan guna laporan keuangan dan neraca - neraca laju kinerja Koperasi di Kota Banjar. Dalam pelatihan ini juga para nara sumber bersertifikat memberikan materi format - format yang telah ditentukan". Tutur Ago Selaku Kasi Koperasi.


Kabar baik juga disampaikan oleh Ago Wijaya bahwa kedepanya dari Kementrian Koperasi di Tahun 2022 akan memberikan server agar aplikasi digital Koperasi dapat di akses langsung oleh masyarakat umum guna memudahkan transaksi secara efektif dan secara operasional dapat memberikan penghematan kedua belah pihak. (E 14 Y)

Post a Comment

0 Comments