Bupati OKU Selatan Popo Ali Hadiri Kegiatan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan


OKU Selatan LHI

Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com. hadiri Kegiatan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan di Kabupaten OKU Selatan. Kamis (17/12/2020).

Bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan, Turut mendampingi Para Kepala OPD, Para Camat, Para Kepala Desa, Danramil Muaradua, Ketua Baznas, Para Kepala Puskesmas dan Tenaga Kesehatan serta undangan lainnya.

Dalam laporan Ketua Pelaksana kegiatan Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan Dr. Meri Astuti, menyampaikan tujuan penyelenggaraan Deklarasi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan guna mengumumkan kepada Masyarakat luas bahwa desa tersebut sudah stop buang air besar sembarangan.

Selanjutnya dalam penyelenggaraan pembangunan desa, diharapkan dapat mewujudkan pembangunan berwawasan kesehatan lungkungan, yang mana salah satu wujud nyata berupa penyiapan Desa STBM atau dikenal dengan Desa Sanitasi Total bersumberdya Masyarakat yang terdiri dari Lima Pilar yaitu, Stop buang air besar sembarang, cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga. Desa STMB ini akan dapat terwujud salah satunya melalui Deklarasi ODF atau Buang Air Besar sembarangan.

Selankutnya Kepala Dinas Kesehatan juga melaporkan bahwa pencapaian akses kepemilikan jamban di OKU Selatan saat ini telah mencapai 89,26%. Pada tahun 2018 Desa BSB yang dideklarasikan sebanyak 41 Desa, pada Tahun 2019 sebanyak 41 Desa dan Tahun 2020 ini sebanyak 43 Desa dan Kelurahan akan dideklarasikan sebagai Desa Stop Buang Air Besar Sembarang, sehingga total Desa SBS yang ada di Kabupaten OKU Selatan sebanyak 171 Desa atau 66,02 %.


Dalam sambutan Bupati OKU Selatan menyampaikan Atas nama pemkab OKU Selatan, beliau memberikan apresiasi Kepada Pemerintah Kecamatan, Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan seluruh Komponen Masyarakat Desa atas hasil kerja kerasnya dalam pencapaian prestasi sebagai desa yang berhasil Stop Buang Air Besar Sembarangan.

“Selanjutnya Buapti juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim STBM yang ada di OKU Selatan, kami harapkan terus memberikan Sosialisasi dan pendampingan kepada Masyarakat untuk berprilaku hidup sehat. Deklarasi ini bukan hasil akhir dari semunya, tetapi kiranya melalui kegiatan ini bisa menjadi pemicu dan motivasi bagi desa-desa lainnya yang ada di OKU Selatan untuk mempersiapkan Masyarakat dalam membudayakan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat berdasarkan lima pilar STBM,” ujarnya. ( BAS,/HIM )

 

Post a Comment

0 Comments