DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada OKU Selatan Tahun 2020

 


OKU Selatan LHI

Mewakili Pjs. Bupati OKU Selatan Hj. Nora Elisya, S.H.,M.M. Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setda OKU Selatan Ardin Abadi Hadiri Simulasi Nasional Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara dan Menggunakan SIREKAP di tingkat TPS dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020. Sabtu (21/11/2020).

Bertempat di TPS Kampung Abadi Kelurahan Pasar Muaradua, turut hadir dalam kesempatan ini juga, Kaban Kesbang, Komisioner KPU, Bawaslu, BPBD, Wakapolres OKU Selatan, Koramil dan undangan lainya.


Dalam Sambutan Ketua KPU OKU Selatan Ade putra Marthabaya,S.H., menyampaikan Pilkada Serentak 2020 akan digelar pada tanggal 9 Desember 2020 Persiapan terus dilakukan oleh KPU OKU Selatan demi terselengaranya dengan baik pesta demokrasi. Ada perbedaan antara pilkada sebelumnya dengan pilkada sekarang, dimana pilkada saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga ada kebiasan yang perlu disesuaikan dengan mematuhi protokol kesehatan dalam Pilkada kali ini .

KPU OKU Selatan telah mempersiapkan dalam Pilkada kali ini dengan mematuhi Prokes misalnya tempat cuci tangan sebelum masuk, mengecek suhu tubuh, penggunaan masker, penyemprotan disinfektan di area lokasi Pemilihan dan lainnya.


Sementara itu, perhitungan suara akan menggunakan aplikasi Sirekap, Foto hasilnya ini mempermudah di tingkat rekap untuk PPK dan tingkat Kabupaten, tidak ada lagi di tingkat kecamatan terkait perhitungan manual, tetapi Sirekap bukan penentu hasil pemilihan di TPS, Sirekap merupakan alat bantu untuk mempermudah pekerjaan di tingkat TPS.

Adapun tujuan melalui simulasi yang digelar ini , dapat melatih dan mengetahui prosuder pelaksanaan pemungutan suara dalam kondisi Covid-19, ada protokol kesehatan yang harus dipelajari bagi peserta maupun petuga di TPS yang hadir pada saat pemungutan dan penghitungan suara.( BAS/ HIM )

 

 

Post a Comment

0 Comments