PPLMN Meranti Terbentuk, Bupati Irwan Siap Fasilitasi Kepentingan Putra-Putri Meranti Luar Negeri

 


Meranti LHI

Organisasi yang akan mewadahi ribuan warga Meranti yang bekerja diluar negeri telah terbentuk yang diberinama Perkumpulan Putra Putri Meranti Luar Negeri (PPLMN), terbentuknya organisasi ini mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti dalam hal ini Bupati Drs. H. Irwan M.Si, iapun berjanji siap memfasilitasi kepentingan putra-putri Meranti yang bekerja diluar negeri agar dapat bekerja dengan aman, nyaman dan terlindungi secara hukum.

"Sudah selayaknya Pemerintah Daerah memperhatikan organisasi, dan kami akan berupaya membantu memberikan kemudahan perizinan, pengurusan Pasport dan lainnya agar warga Meranti dapat bekerja dinegeri jiran dengan mudah, aman dan terlindungi secara hukum," Ujar Bupati Irwan saat menghadiri pelantikan pengurus sekaligus peresmian Sekretariat PPLMN di Jalan Pelabuhan, Selasa (3/10/2020).

Sekedar informasi, terpilih sebagai Ketua PPLMN Husbi Kurniallahi, Sekretaris Umarul Achmad, dan Bendaha L. Zawir. Pelantikan langsung dilakukan oleh Ketua Dewan Pembin PPLMN Jack Ardiansyah.

Selanjutnya dihadapan para pembina, pengurus dan anggota PPLMN, Bupati mengaku sangat mengapresiasi terbentuknya organisasi ini karena secara tidak langsung telah membantu Pemerintah Daerah dalam membuka peluang pekerjaan dan mengurangi pengangguran.

"Atas nama Pemerintah Daerah kami sangat mengapresiasi terbentuknya PPLMN, karena keberadaan bapak-ibu yang tergabung dalam PPLMN sangat membantu Pemda dalam mengurangi pengangguran, meningkatkan ekonomi masyarakat dan menambah devisa negara," ucap Bupati.

Sebagai bentuk dukungan Bupati Irwan atas berdirinya organisasi ini, sesegera mungkin ia akan menginformasikan keberadaan organisasi ini kepihak konsulat atau kedutaan di Malaysia.

"Kita juga akan membantu menginformasikan keberadaan organisasi ini ke Pemerintah Malaysia agar pemerintah disana juga mengetahui," ujarnya lagi.

          Dikesempatan itu Bupati Irwan juga menyampaikan kabar gembira kepada warga Meranti yang sebelum terjadi Pandemi Covid-19 bekerja di Malaysia. Karena berdasarkan komunikasi Bupati Irwan dengan Plt. Gubernur Kepri H. Isdianto yang berkoordinasi dengan kedutaan Malaysia di Jakarta menginformasikan dalam waktu dekat akan kembali membuka pintu masuk Malaysia.

"Kita mendapat informasi PLT Gubernur Kepri sudah berkomunikasi dengan perwakilan Malaysia di Jakarta yang meminta dibuka kembali pintu masuk Malaysia untuk warga Indonesia dan hasilnya positif ini tentunya menjadi angin segar bagi kita semua khususnya para pekerja," jelas Bupati.

Terakhir ditengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini tak lupa Bupati Irwan, mengingatkan kepada pengurus, anggota PPLMN dan masyarakat untuk senantiasa mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19.

Hal ini terus dikampanyekan Pemerintah tak lain adalah agar diri, keluarga dan masyarakat Meranti dapat terlindungi dari penyebaran Virus Covid-19."Karena jika tidak....yang kita khawatirkan akan menimbulkan Cluster baru Covid-19 di Meranti jadi mari sama-sama kita jaga diri, keluarga dan masyarakat kita dari Covid-19." Ajaknya.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Meranti juga menyerahkan bantuan Beras Cadangan Pemerintah kepada perwakilan anggota PPLMN yang secara ekonomi terdampak Covid-19 karena terpaksa kehilangan pekerjaannya di Malaysia.

Dan bantuan ini menurut Bupati Irwan memang sengaja disiapkan dan diberikan oleh Pemerintan Daerah untuk membantu masyatakat yang terdampak Covid-19 tak terkecuali para warga yang sebelumnya bekerja di Malaysia dan kini menganggur."Kita berharap bantuan ini dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan warga kita yang terdampak Covid-19 khususnya warga Meranti yang sebelumnya mencari nafkah dinegeri tetangga," ujar Bupati.

Hal senada juga disampaikan Dewan Pembina PPLMN Meranti Jack Ardianysah, menurutnya keberadaan PPLMN yang sebelumnya bernama Perkumpulan Anak Meranti Malaysia (PAMA) yang nantinya akan mewadahi 12 ribu warga Meranti yang bekerja diluar negeri terutama di Malaysia sangat strategis.

"Karena dengan besarnya jumlah warga Meranti yang bekerja di Malaysia yang mencapai 12 ribuan orang tentunya perlu wadah untuk berkumpul, bertukar fikiran dan saling membantu dan yang tak kalah penting untuk melindungi aggota dari berbagai resiko yang mungkin terjadi," jelas Jack.

Untuk itu Jack yang juga Ketua DPRD Meranti berharap seluruh pengurus beserta anggota PPLMN dapat terus meningkatkan silahturahmi dan tolong menolong. Sehingga mampu menjadi organisasi yang mandiri, tangguh dan kuat serta mampu memfasilitasi segala kepentingan anggota.

Tak lupa Jack mengingatkan kepada PPLMN untuk bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah karena untuk berhasil segala sesuatunya perlu campur tangan pemerintah.

"PPLMN hendaknya bisa bekerjasama dengan Pemerintah Daerah agar ketika ada permasalahan dapat difasilitasi baik masalah hukum, ketenagakerjaan dan lainnya," pungkas Jack.

Sementara Ketua PPLMN terpilih Husbi Kurniallahi dalam sambutannya akan berupaya mewujudkan Visi dan Misi organisasi yang dipimpinya yakni sebagai wadah menjalin silahturahmi anak Meranti khususnya yang berada di luar negeri, menyalurkan kreatifitas anggota yang bersifat positif, memberi informasi peluang pekerjaan dikuar negeri, promosi wisata daerah, memperkuat hubungan serumpun Indo-Malaysia, melaksanakan berbagai kegiatan sosial, menggelar pelatihan peningkatan keterampilan anggota.

Kegiatan ditutup dengan acara terakhir yakni peresmin Sekretariat PPLMN Meranti oleh Bupati Irwan yang ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti disaksikan semua hadirin.

Diinformasikan, kegiatan Pelantikan Pengurus PPLMN selain dihadiri oleh Bupati Irwan dan Ketua DPRD Jack Ardianysah juga dihadiri Kadis Sosial Pemberdayaan Anak dan Perempuan Agusyanto M.Si, Perwakilan TNI, Ketua dan Anggota Ormas Gagak Hitam, Tokoh Masyarakat dan lainnya. (HUMAS PEMKAB. MERANTI/ RAMLI ISHAK)

 

 

Post a Comment

0 Comments