Budayawan dan Sesepuh Kab Pangandaran Selenggarakan Ritual Ruat Bumi Basisir Katresna

 

Pangandaran LHI

Ratusan kasepuhan budayawan dari berbagai daerah lingkup Kabupaten Pangandaran berkumpul dihalaman sekretariat Serikat Petani Pasundan (SPP) tepatnya pantai indah Batu Hiu untuk melaksanakan pagelaran prosesi Ritual Budaya Ruat Bumi, Selasa 24/11/2020.

Anton salah satu Budayawan Kecamatan Langkaplancar, mengatakan, kegiatan Ritual Ruwat Bumi di selenggarakan dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar budayawan, sepuh pidi sepuh di lingkup Kabupaten Pangandaran, dalam kegiatan ini masyarakat dihibur dengan pertunjukan wayang golek menghadirkan dalang Ki Rangga dari Desa karangJaladri.

Anton menambahkan, Alhamdulillah meskipun berlangsungnya acara ini di tengah pandemi covid-19, namun tidak mengurangi semangat para budayawan dan warga masyarakat yang hadir pun tetap lebih mengedepankan Protokol Kesehatan, pungkasnya.

Dalam acara yang dihadiri pejabat lingkup Kabupaten Pangandarani, Kades Cibenda, dan tokoh budayawan, sepuh pidi sepuh juga warga masyarakat dari berbagai daerah wilayah kabupaten Pangandaran.

Kades Cibenda dalam sambutannya mengapresasi kegiatan dalam rangka Ritual Ruwat Bumi, karena dapat meningkatkan silaturahmi sekaligus merupakan kegiatan melestarikan budaya"Kegiatan ruwat bumi juga sebagai bagian ucapan terimakasih kepada Allah SWT, karena masyarakat pangandaran telah diberikan anugerah yang luar biasa, diberikan tanah yang subur , diberikan hasil bumi yang melimpah muudah-mudahan dengan ruwat bumi ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Alloh SWT, Tegas Kades Cibenda.( AS)

Post a Comment

0 Comments