Penting Buat UMKM Banjar Bantuan PEN Rp 2,4juta Dan JPE Dinas KUKMP Banjar, Baca Selengkapnya!

Banjar, LHI,- Bantuan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) senilai total Rp. 22 Triliun untuk para pelaku UMKM se-Indonesia kini memasuki tahap kedua. Banyak pertanyaan dimasyarakat terkait adanya warga yang memperoleh dana PEN Rp. 2,4juta tanpa mendaftar dan banyak juga para pelaku UMKM yang sudah mendaftar tapi belum mendapatkan bantuan PEN tersebut termasuk bantuan JPE Pemkot Banjar.


Senin (12/10/2020), untuk menjawab semua itu, LHI berupaya menghimpun keterangan dilapangan. 


Kepala Bidang UMKM Dinas KUMP Kota Banjar Tatang Nugraha, SE., M.Si., memberikan keteranganya kepada LHI bahwa  pintu yang boleh mengusulkan PEN adalah Bank BRI, PNM, Koperasi berbadan hukum dan pegadaian di Daerah masing-masing se-Indonesia.


"Jadi, jika ada yang merasa tidak daftar dan menerima, itu adalah di usulkan oleh pengusul, selama yang bersangkutan adalah pelaku umkm. Sedangkan yang punya hutang ke Bank itu sepenuhnya kebijakan pusat, sebagai yang melakukan verifikasi data". Ujar Tatang.



Tatang menegaskan, jika ada yang merasa tidak  daftar dan menerima, itu adalah di usulkan oleh pengusul, selama yang bersangkutan adalah pelaku umkm. 


Kabid UMKM Tatang menerangkan bahwa untuk penerima JPE (jaring pengaman ekonomi) dari Pemkot Banjar, itu adalah pelaku usaha rawan sosial, yang awalnya menerima JPS (jaring pengaman sosial) dan JPSnya dicabut kemudian diganti oleh JPE.


Adapun data penerima JPE senilai Rp. 1 juta di verifikasi oleh petugas RT dan RW melalui desa dan kelurahan masing-masing se-Kota Banjar.


Tatang menegaskan bahwa untuk penyaluran bantuan JPE Pemkot Banjar melalui Dinas KUKMP Banjar bermitra dengan pihak PT. Pos Indonesia (kantor Pos). Sampai dengan berita ini diturunkan, pihak Dinas KUKMP Banjar tengah melakukan penyaluran di Wilayah Kecamatan Langensari Kota Banjar. 


Sementara itu Sekdis KUKMP Ian menambahkan, menurut info dari Bank BRI untuk warga Banjar yang sudah menerima bantuan PEN sebanyak 9 ribu pelaku UNKM. Adapun yang telah masuk data ajuan sekitar 17 ribu UMKM yang terdampak Covid-19. Bantuan PEN kini masuk ke tahap kedua, ian mempersilahkan agar masyarakat Banjar untuk mendaftar secara online.


Tatang selaku Kabid UMKM menserukan agar warga Banjar untuk daftar melalui link dibawah ini;


http://bit.ly/PenTahap2


Dan untuk Daftar OSS iUMKM silahkan klik link ini; 

https://oss.go.id/portal/


(Isi Formulir Pendaftaran PEN tahap 2 Kota Banjar). (E 14 Y)

Post a Comment

3 Comments