KPU Kab. Pangandaran Undang Puluhan Awak Media Dalam Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pilkada 2020


Pangandaran LHI
Setelahnya menerima pendaftaran dua pasansangan calon Bupati dan Wakil Bupati, yakni pasangan H Jeje Wiradinata - Ujang Ending (JUARA) dan pasangan H Adang Hadari - H Supratman (AMAN),  KPU  Pangandaran langsung mengadakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutahiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) di tingkat Kabupaten Pangabdaran, dalam pemilih serta kelabjutan 2020 yang pelaksanaannya berlabgsung di hotel  Pantai Indah Timur. Senin (7/9/2020).
Sesudahnya rapat pleno terbuka, di hari itu juga KPU Pabgandaran mengundang sejumlah wartawan liputan pangandaran untuk melakukan sosialisasi dan mengumumkan tahapan yang sudah dilalui dan tahapan yang akan dilakukan, bertempat di Aula KPU Pangandaran.
Dari pantauan LHI, KPU Kabupaten Pangandaran mengundang sekitar 35 awak media, namun yang hadir sekitar kurang lebih 15 orang.
Menurut Nor Azizah Divisi Perencanaan dan Informasi, Daftar Pemilih Sementara ( DPS ) yang di tetapkan adalah sebanyak tiga ratus dua puluh ribu, empat ratus lima puluh enam. Itu  yang sudah di tetapkan menjadi DPS, dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Pangandaran.
“Maka nanti Paska di tetapkan menjadi DPS, Kita akan masuk dalam sesen pengunguman yang akan dimulai pada tgl: 19 besok dan masuk dalam sesen tanggapan masyarakat. Selain sesen tanggapan dari masyarakat, juga ada sesen uji publik,” Ujarnya.
Untuk di akhir, Kita akan dilakukan rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan dan ditetapkan menjadi DPT. Sedangkan  uji publik sendiri adalah setelah tanggapan masyarakat dan nanti kita umumkan tgl: 19 ,sepuluh hari masa tanggapan masyarakat dan nanti kita lakukan uji publik.
” Proses uji publik ini terjadi di tingkat Desa ,tingkat PPS, dan nanti PPS mengundang tokoh masyarakat serta pihak pihak terkait, unsur prangkat Desa serta mantan PPDP untuk di tanggapi diberikan respon, apakah data yang kita umumkan sudah data terbaik, apa data yang masih berubah,” ungkapnya.
Pada kegiatan tersebut Maskuri Sudrajat selaku Divisi Sosparmas dan SDM KPU Pangandaran mengumumkan ada dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang mebfaftar ke KPU, diantaranya pasangan H Jeje Wiradinata - Ujang Endin Indrawan (JUARA) dan pasangan H Adang Hadari - H Supratmab (AMAN).
Maskuri juga menanyakan kepada awak media yang hadir dalam kegitan ini," kenapa yang hadir hanya segini???, padahal kita mengundang seluruh wartawan liputan Pangandaran, namun meskipun yang hadir hanya sedikit, kegiatan tetap berjalan.
"Tahapan demi tahapan menjelang Pilkada 2020, KPU pangandaran sudah melaksanakan seluruh tahapan dengan baik dan lancar hingga yang terakhir kemarin adalah tahapan penerimaan pendaftaran pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.
Setelah semua pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati daftar ke KPU, kita tinggal menunggu hasil tes kesehatan dan langsung kita akan melakukan perifikasi data berkas pendaftaran.
Di akhir acara, Maskuri menambahkan, kedepannya masih banyak tahapan yang belum kita lakukan dari mulai penetapan, pembagian no urut hingga kampaye damai bahkan sampai pelaksanaan Pilkada. “Namun semua itu tidak akan bicarakan sekarang, nanti saja seiring dengan tahapan tersebut, tegasnya.
Semua proses yang dilaksanakan secara prinsif keseluruhan, tidak mendapatkan masalah yang detail. “Kecuali pada sa’at kita melaksanakan coklit karena memang kita harus berpedoman Protokol kesehatan berdasarkan ketentuan PKPU, 6 Pilkada di era Vandemi Covid – 19, yang secara peinsif, ada kebiasaan yang tadinya tidak dilakukan, sekarang menjadi dilakukan,karena di antaranya ada pengguna’an APD untuk kelengkapan protokol kesehatan Covid – 19.” tandasnya.( AGUS S).


Post a Comment

0 Comments