DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Kepala Dinas Kesehatan Tulang Bawang Lakukan Inspeksi Mendadak(Sidak)Untuk Aktivitas Pelayanan Kesehatan Di Tengah Pandemi Covid 19, Ke Sejumlah Peskesmas Di Kabupaten Tulang Bawang.


Tulang Bawang – LHI
Untuk memastikan aktivitas pelayanan kesehatan tetap berjalan normal ditengah situasi Pandemi Covid 19, Kepala Dinas Kesehatan Tulang bawang Bati Patoni, melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten tulang bawang Selasa (14/07/2020).
Puskesmas Paduan Raja Wali Dan Gedung Aji. menjadi tujuan sidak pada hari ini Kadinkes Beserta Sektaris yang di bagi menjadi dua tim.“Sidak terhadap Puskesmas untuk melihat dan mendengar langsung kondisi para tenaga kesehatan yang bertugas. Apa yang dibutuhkan ataupun hal hal yang menjadi kendala saat ini,” Ujarnya
Menurutnya, Puskesmas merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang menjadi andalan masyarakat ditiap kecamatan untuk berobat.Untuk itu Ia meminta, ditengah Pandemi Covid 19 sekarang, protokol kesehatan harus benar benar dijalankan dengan benar dan konsisten.“Ini penting demi menjamin keselamatan semua pihak termasuk tenaga medis yang rentan terpapar virus corona,” ungkapnya.
Pantauan pada Sidak di Puskesmas , aktivitas pelayanan berjalan normal. Sejumlah tenaga dokter dan perawat tetap stanbay. Beberapa pasien pun terlihat mengisi di beberapa ruangan rawat inap.
Dalam kesempatan itu, Kadinkes juga menyerahkan langsung sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) untuk Puskesmas ??? yang berasal dari bantuan Pemerintah Daerah atau pun Pusat.
Kepala Puskesmas .Paduan Raja Wali M.Wasil,Skm., Dan Gedung Aji. Hj.meliana,SST M.kes. menuturkan, bahwa pelayanan kesehatan bagi masyarakat tetap berjalan normal dan lancar.
Namun diakuinya memang agak sedikit memperketat prosedur dalam pemeriksaan pasien yang berobat. Dimana untuk pasien, terlebih dahulu harus dilakukan pemeriksaan epidemiologi, bahkan hingga rapid tes.
Sedangkan terkait ketersedian Rapid tes saat ini, pihak Puskesmas Paduan Raja Wali M.wasil,Skm., Dan Gedung Aji. Hj.meliana,SST M.kes mengaku masih cukup.
Begitu pula dengan dukungan APD, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan, khususnya Pemkab Tuba serta semua pihak, yang terus mensuport bagi tenaga tenaga kesehatan.Baik yang bertugas di Puskesmas Puskesmas maupun Rumah sakit ditengah ancaman Covid 19 yang belum berakhir.
Selain di puskesmas di kecamatan gedung aji dan dan meraksa Aji,,Dinas kesehatan juga melakukan monitoring ABK (adaptasi kebiasaan baru) di Puskesmas Gedung Meneng kecamatan gedung meneng,..puskesmas waydente dan pasiran jaya kecamatan dente teladas,,,,
            alam kegiatan tersebut sipastikan bahwa semua puskesmas sudah siap melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai protokold kesehatan dalam adaptasi kehidupan baru pencegahan Covid-19,,kesiapan tersebut dibuktikan dengan telah disediakan
Sarana CTPS, persediaan masker untuk pasien, alat termoscener untuk pengunjung puskesmas, SOP pelayanan dalam new normal, persediaan APD dan lain lain.  (AFRIZAL CANDRA/ ADV)***

Post a Comment

0 Comments