Kepala UPTD Kependudukan Pencatatan Sipil Kec. Rupat Utara Jarang Sekali Masuk Kerja, Koq Bisa Begitu Yah?


Rupat,LHI
Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga Negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik yaitu setiap institusi penyelenggara Negara, korporasi, lembaga independen yang dibentuk berdasarkan undang-undang untuk kegiatan pelayanan publik, dan badan hukum lain yang dibentuk semata-mata untuk kegiatan pelayanan publik. Kegitan tersebut dilaksanakan oleh pejabat, pegawai, petugas, dan setiap orang yang bekerja di dalam organisasi penyelenggara yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tindakan pelayanan publik.
Dalam pelaksanaan pelayanan publik harus berdasarkan standar pelayanan sebagai tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Pelayanan publik diatur dalam Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, pengaturan ini dimaksudan untuk memberikan kepastian hukum dalam hubungan antara masyarakat dan penyelenggara dalam pelayanan publik. Selain itu, pengaturan mengenai pelayanan publik bertujuan agar terwujudnya batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik; agar terwujudnya sistem penyelenggaraan pelayanan publik yang layak sesuai dengan asas-asas umum pemerintahan dan korporasi yang baik; agar terpenuhinya penyelenggaraan pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan; dan agar terwujudnya perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat dalam penyelengaaran pelayanan publik.
Sembilan   tahun lamanya menjabat Kepala UPTD Kependudukan Pencatatan Sipil Kecamatan Rupat Utara, Romainur akui kalau diri nya langka masuk kantor. Hal itu diakuinya ketika di konfirmasi sejumlah awak media, bahkan dapat dihitung jari ungkap warga, Senin22-06-2020
            Ketika di konfirmasi lewat via seluler no 08137886xxxx. Romainur membenarkan ” Iya sekarang pelayanan kantor memang kita tutup. “akuinya terkait informasi kalau dirinya langka masuk kantor dia juga membenarkan hal itu.  
            “Memang jarang masuk   kalau dirinya 9 tahun berulang  alik” kata Romaiur. seakan membela diri dan kesan seakan- akan berbohong.
            Sementara itu ,menurut keterangan di lapangan,  kalau oknum tersebut hitungan tahun bahkan ada yang mengatakan dapat hitungan jari.  
            Sama halnya yang di sampaikan Usman warga Desa Tanjung Medang.” Sudah lama bahkan berbulan-bulan tidak kunjung selesai mau buat KTP anak saya mau rekam, sudah 5 kali mencari, mendatangi kantor UPTD dukcapil. “ujarnya kesal sembari mengatakan pelayanan Dukcapil menyusahkan masyarakat kalau mau tutup, tutup saja sekalian biar senang berurusan ke Bengkalis!.  
            Ketika di mintai tanggapan Sekcam Rupat Utara Tarmizi mengatakan kalau dirinya tidak bisa memberikan tanggapan, bahkan hal tersebut bukan kewenangan nya.(SUPRAPTO)*** 


Post a Comment

0 Comments