DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Waspada Covid 19, Kilang Minyak Pertamina RU II Dumai - Sungai Pakning Beroperasi Normal


Kota Dumai, LHI
Sehubungan dengan pandemic Covid-19 atau virus Corona, Pertamina RU II menjalankan kewaspadaan dengan tetap mengoperasikan kilang minyak Dumai dan Sungai Pakning secara normal.
Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU II Brasto Galih Nugroho pada hari Selasa (17/03/2020) menegasakan, operasional kilang minyak baik di Dumai maupun di Sungai Pakning tetap dalam kondisi normal dan tetap dapat memenuhi hingga 20 persen kebutuhan energi nasional.
"Dengan kapasitas produksi optimal sebesar 170 MBSD (ribu barrel stream day), kilang minyak Dumai dan Sungai Pakning tetap beroperasi secara normal. Ada penyesuaian terkait pola kerja khususnya di area perkantoran namun terkait operasional kilang tetap berjalan seperti biasa," ujarnya.
Lebih lanjut Brasto menjelaskan, menyusul adanya arahan dari Presiden RI Joko Widodo untuk semakin meningkatkan kewaspadaan di tengah persebaran Covid--19 ini khusus mengenai pola kerja, pihaknya juga memberlakukan kebijakan bekerja dari rumah atau WFH (work from home) untuk beberapa bidang kerja yang memungkinkan dilaksanakan dari rumah. Dengan tetap memperhatikan jadwal kerja secara profesional, bekerja dari rumah ini dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dalam mengurangi resiko penyebaran Covid-19.
“Sedangkan untuk pekerja dan mitra kerja di bidang yang terkait langsung dengan operasional kilang, jam kerja tetap dilaksanakan secara normal dengan pembagian 3 jadwal shift untuk memantau operasional kilang minyak sepanjang 24 jam sehari,” ungkapnya. 
Langkah mitigasi pun dilakukan bagi para pekerja dan mitra kerja yang tetap menjalankan aktivitas perkantoran ataupun lapangan seperti biasa di antaranya pemeriksaan kesehatan harian atau DCU (daily check up), penggunaan set pakaian keselamatan anti kontaminasi untuk pekerja yang melayani kapal dari luar negeri, pembagian vitamin hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan thermometer elektronik pada saat memasuki area kerja Pertamina.
Pertamina RU II juga telah melaksanakan sosialisasi untuk pekerja dan mitra kerja pada 4 Maret 2020 yang mengupas tuntas mengenai Covid-19 dengan narasumber yang berasal dari Dinas Kesehatan Kota Dumai dan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kota Dumai.“Kami juga menyediakan hand sanitizer di banyak titik di area perkantoran. Selain itu, kami juga melakukan penundaan berbagai kegiatan kami yang melibatkan banyak orang guna menciptakan social distancing atau jarak interaksi sosial antar individu demi mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Brasto.
Pengukuran suhu tubuh ini juga dilakukan terhadap masyarakat yang keluar maupun masuk area Kompek Pertamina Bukit Datuk sebagai upaya pengingat bagi masyarakat ketika suhu tubuh sudah mencapai angka yang membutuhkan pengecekan dan perawatan lebih lanjut. “Saat ini kami pun membatasi kegiatan masyarakat di beberapa titik di Komplek Bukit Datuk yang selama ini kerap menjadi pusat keramaian seperti Danau Telaga Tirta dan Kolam Renang Sasana Tirta. Kami juga menghimbau masyarakat untuk dapat mendukung program ini dengan lebih banyak beraktivitas di rumah untuk kebaikan kita bersama dalam menghadapi Covid-19”, tutup Brasto. (***IWAN NST)

Post a Comment

0 Comments