Pemkab Pangandaran Lakukan Rakor Percepatan Langkah Penanganan Serta Penanggulangan Virus Covid-19


Pangandaran LHI 
Pemkab Pangandaran yang langsung di pimpin Sekda Kabupaten Pangandaran Drs. H. Kusdiana, MM. lakukan rapat koordinasi  Percepatan Langkah Penanganan Serta Penanggulangan Virus Covid-19  bertempat di Aula Setda kamis, ( 26 /Maret/ 2020 ).
Hadir dalam kesempatan tersebut,Sekda Kab Pangandaran, Drs. H. Kusdiana, MM, beserta Dandim 0613/Ciamis yang diwakili Pasi Op Kodim 0613/Ciamis, Kapten Czi  Mulya Harnedi, juga hadir Kapolres Ciamis yang diwakili oleh Kapolsek Pangandaran,Kompol Suyadi .SH. dan Kepada Dinas Kesehatan Yani Achmad Marzuki dan lainnya.
Sekda Pangandaran, Drs. H. Kusdiana penyampaian, untuk status siaga darurat di Pangandaran diperpanjang sampai 29 Mei 2020."Status perpanjangan siaga darurat Covid-19 di Kabupaten Pangandaran juga berlaku di bidang pendidikan, maka untuk masa belajar di rumah  anak sekolah juga akan diperpanjang,"ucapnya.
Dalam situasi saat ini, kesadaran masyarakat tentang persoalan ini sangat penting, 
karena diantara masyarakat masih ada yang melalaikan imbauan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona."Pemda akan membeli alat pencegahan virus Covid-19, serta alat-alat untuk antiseptik, yaitu pengadaan alat sterilisasi serta pengadaan tempat untuk isolasi pasien,"kata Kusdiana.
Kusdiana lanjutnya, bahwa untuk kegiatan konservasi ataupun untuk karantina itu berada di dalam rumah masing-masing, sedangkan gugus tugas Covid-19, bertempat di Sekda diruangan bawah dan harus ada paketnya."Sementara untuk Babinsa dan Babinkamtibmas sudah disiapkan anggaran dalam percepatan penanganan dan penanggulangan virus Covid-19 untuk jumlahnya masih dalam rumusan pemda,"terangnya.
Yani mengatakan, untuk menghadapi Covid-19 ini jangan terlalu panik dan takut, kita liat dulu dari gejala-gejala nya yang ada, apakah disekitar kita ada orang baru datang dari daerah lain atau tidak yang sudah ditetapkan zona merah."Kabupaten Pangandaran alhamdulillah belum ada yang positif yang ada cuma ODP dan HIPMI Pangandaran yang kemarin ikut acara di karawang itu sudah kami pantau itu masih ODP dan sekarang sudah habis masa ODPnya,"tegas Yani.
Sedangkan Kapolres yang diwakili Kapolsek Pangandaran menyampaian, untuk gugus tugas penanganan Covid-19, jangan hanya dibuat tingkat kabupaten saja tapi harus dibuat tingkat kecamatan juga, kami berharap disetiap kecamatan harus membuat gugus tugas. 
"Kehadiran Pejabat Negara ditengah-tengah masyarakat kita harus memberikan ketenangan dan contoh kepada masyarakat, bukannya kita malah memberikan contoh yang salah,"ujarnya 
            Langkah- langkah kita harus benar-benar nyata didalam penanganan covid-19 ini misalnya kunjungan wisatawan masih ada yang datang dari luar daerah."Bagi masyarakat yang baru datang ke Pangandaran dari daerah luar agar melaporkan diri ke desa dan memeriksakan diri ke Puskesmas dan kepatuhan masyarakat harus ditingkatkan lagi terhadap peraturan pemerintah yang sudah dibuat untuk kebaikan semuanya,"tegasnya.
Masih di tempat yang sama, Dandim 0613/Ciamis  yang diwakili oleh Pasi Op Kodim 0613/Ciamis menyampaikan, kita saat ini sedang berperang dengan musuh yang tidak kelihatan maka nya kita sekarang harus bersatu di dalam memerangi penyebaran virus Covid-19.
"TNI sudah mendapatkan perintah dari Komandan serta kami pun sudah menjalankan apa yang diperintahkan, sekarang dari hal kecil saja kita berbuat untuk memerangi virus covid-19 dengan cara, mencuci tangan dan menghindari dari keramaian,"ujarnya.
Diyakinkan betul siapa dan berbuat apa, kita yakinkan betul dulu  keadaan kita dalam keadaan aman dan sehat sebelum kita menolong orang lain dan yakinkan betul orang - orang yang dari luar itu seteril yang masuk ke pangandaran."Dengan sudah di bentuknya gugus tugas, diharapkan semuanya dapat berperan aktif sampai tingkat bawah didalam percepatan penanganan dan pencegahan virus Covid-19, "tegasnya.
Kodim 0613/Ciamis menyiapkan anggotanya sebanyak 110 orang untuk membantu pemerintah daerah pangandaran. (AGUS S) 

Post a Comment

0 Comments