Galuh Kinasih Galang Dana Untuk Kesembuhan Sri Nanda Rahayu


Ciamis,LHI
Bermula dari postingan medsos Facebook (FB),  Agus Munawar warga Ciamis yang memfosting Sri Nanda Rahayu, gadis asal Dusun Hayawang Rt/Rw 02/12, Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat telah menjalani kehidupan selama 18 tahun dengan menderita atresiani (kelainan yang terjadi saat masih dalam kandungan, bagian usus besar tidak terbentuk sempurna sehingga menjadi sempit bahkan terseumbat)
Dari postingan akun FB Agus Munawar menuai komentar positif dari beberapa warga Netizen, dari mulai do'a untuk kesembuhan Sri Nanda Rahayu, ada pula yang membagikan postingan tersebut untuk menarik simpati para demawan, bahkan ada yang langsung ingin membantunya.
Saat di hubungi lewat telepon cellulernya Agus menjelaskan, akibat dari kelainan ini Sri tidak bisa buang kotoran dengan normal. Upaya untuk mengatasinya dengan cara kolostomi, menyambung bagian usus ke bukaan dinding perut agar kotoran ke luar ke kantung di luar tubuh. Oleh karena itu, setiap harinya Sri memerlukan sebanyak 4 pampers dan 2 kantung kolostomi seharga Rp. 80.000 per kantung.
Sri yang senang membaca dan menulis ini rencananya akan dioperasi untuk membuat saluran kencing dan anus di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dengan menggunakan fasilitas Kartu Indonesa Sehat (KIS). Tetapi tidak bisa langsung dioperasi, harus menunggu proses selama kurang lebih enam bulan.
Agus Munawar dari Galuh Kinasih yang membina komunitas Gada Membaca setelah mendapat informasi keadaan Sri dari Ibin (bapak Sri) yang datang ke Gada Membaca bersama H. Heryana, Camat Kawali (11/02/2020), keesokan harinya (12/02/2020) berkunjung ke rumahnya dan membawakan sebuah buku novel.
Sri langsung membuka novel itu. Ia bercerita ia suka membaca dan menulis sewaktu sekolah di SMP, tapi sayang kacamatanya sudah tidak bisa digunakan. Sorenya Agus Munawar dan camat Kawali mengunjungi kediaman Sri untuk mendalami informasi dari keluarganya. Pada hari itu Agus dan Pak Camat bersepakat untuk berusaha membantunya.
Gada Membaca bukan hanya tempat membaca dan meminjam buku, tetapi juga berupaya memfasilitasi dan membantu masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk dalam hal kesehatan. Karena itu, Gada Membaca bersama Pak Camat Kawali berinisiatif menggalang dana untuk Sri.
Kepada semua pihak kiranya dapat memberikan bantuan untuk meringankan beban Sri Nanda Rahayu dan keluarganya dengan menyampaikan bantuan melalui: Yayasan Galuh Kinasih, nomor rekening: 3263-01-020223-53-4, Bank Rakyat Indonesia, Unit Kawali-Ciamis, bantuan yang terkumpul akan dipergunakan untuk kebutuhan selama menunggu opersai, pembelian pempers, kantung kalostomi dan biaya transportasi dari Ciamis ke RSHS Bandung. Apabila ada kelebihan, akan dipergunakan untuk biaya pendidikan Sri selanjutnya. Bantuan yang masuk dan penggunaannya akan dilaporkan secara terbuka kepada masyarakat.
Untuk informasi lebih jelas dapat menghubungi Agus Munawar, telepon/WA: 08997328170, email: komunitasgadamembaca@gmail.com Terima kasih kepada semua pihak yang telah dan akan memberikan bantuan untuk Sri Nanda Rahayu, semoga Allah SWT, membalas kebaikan semuanya. Aamiin. Terima kasih. Salam Literasi.
Naufalia Qisthi-Relawan Komunitas Gada Membaca. (AGUS)

Post a Comment

0 Comments