Kapolres Perwira Penghubung Dan Pemda OKU Selatan Ikuti Vicon Membahas situasi Bencana Alam



OKU Selatan LHI
Tempat Vicon di Aula Mapolres OKU Selatan, Kapolres OKU Selatan AKBP. Deny Agung Andriana S.IK.,M.H. bersama Perwira Penghubung ikut dalam Video Conference (Vicon) dalam rangka membahas perkembangan situasi bencana alam dan kesiapsiagaan kewilayahan dalam menangani bencana alam yang diikuti oleh seluruh Polda dan Polres Se Indonesia, Senin (06/01/2020).
Vicon ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Selatan, Kepala Pelaksana BPBD OKU Selatan, Dinas Kesehatan dan jajaran Polres OKU Selatan.
Vicon ini membahas perkembangan situasi bencana alam yang saat ini terjadi disejumlah wilayah di Indonesia. Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto,S.H.,M.H. menyampaikan penekanan Presiden RI Ir. H . Joko Widodo, yaitu untuk bersinergi dan berperan dalam penanganan bencana dari semua intansi baik di tingkat pusat dan wilayah.
Dalam penanganan bencana banjir di awal tahun ini, Polri beserta seluruh jajaran bekerja sama dengan BNPB/BPBD, Basarnas/Basarda, TNI dan Pemerintah/Pemerintah Daerah beserta potensi SAR lainnya, melaksanakan kegiatan Operasi Kontinjensi “Aman Nusa II 2020 yang di mulai pada saat siaga darurat bencana, saat terjadinya kejadian bencana dan pascabencana, di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang mengalami bencana, dengan melalui langkah penguatan dan pendampingan psikologi, pencarian, pertolongan, penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan evakuasi korban, harta benda, disaster victim identication (DVI) dan penegakan hukum.
            Tujuan dari Operasi Aman Nusa II ini yakni melaksanakan bantuan personil dan peralatan kepada BNPB/BPBD dan Basarnas/Basarda di lokasi terjadinya bencana.
Bersama BNPB/BPBD membentuk satuan tugas yang terdiri dari beberapa kluster yang telah diatur dalam peraturan Kepala Badan BNPB/BPBD maupun Basarnas/Basarda untuk penyelamatan terhadap korban bencana.
Kapolres OKU Selatan dalam kesempatan ini menjelaskan bahwasannya untuk Kabupaten OKU Selatan telah ada kerjasama yang baik disetiap instansi terhadap pencegahan bencana alam. Kapolres juga berharap kepada seluruh instansi untuk terus bersinergi dan siap siaga dalam menanggulangi bencana. Rencananya Mapolres OKU Selatan akan menggelar Apel kesiapsiagaan bencana alam pada Rabu mendatang. ( BAS/RAHIM )


Post a Comment

0 Comments