Wagubri H.Edy Natar Nasution S.IP Prihatin Lihat Kondisi Penghuni Cabang Rutan Bagansiapiapi.

Rokan Hilir- LHI
Wakil gubernur riau (wagubri) H.Edy Natar Nasution S.Ip sangat prihatin melihat kondisi cabang rumah tahanan (carutan) Bagansiapiapi jalan Tugu yang padat oleh penghuninya. Demikian hal ini di jelaskannya seusai mengunjungi cabang rutan Jalan Tugu Bagansiapiapi, Selasa (05/11/2019).
            "Ya...,kita prihatinlah melihat kondisi ini.  Tadi dari kepala lapas dikatakan kapasitas normal itu hanya seratus dua puluh limaan terus sekarang dihuni oleh tujuh ratusan lebih warga binaan,"tuturnya wagubri didampingi bupati Rohil H Suyatno dan Jufri kepala carutan Bagansiapiapi. 
            Wagubri menjelaskan bahwa keadaannya memang seperti itu. Karena kemampuan pemerintah juga sampe saat ini sangat terbatas," Jadi kalau kita lihat seperti ini kan siapa yang tidak prihatin. Semua kita prihatin melihat seperti ini,"katanya.
            Dikatakannya, jika para warga binaan dipindahkan ketempat lainpun akan jadi sulit karena kondisinya sama juga seperti itu. 
            Dijelaskannya, dari tujuh ratus lebih penghuni carutan Bagansiapiapi itu tiga ratusan merupakan kasus narkoba jadi kalau diambil kapasitas normal seratus dua puluh lima maka penghuni narkoba saja sudah tiga ratusan persen dan Itu kan sudah hampir tiga ratus persen penghuninya,"tuturnya.
            Pemrov Riau dikatakan wagubri, hanya dapat memberikan sebatas bantuan saja. Namun untuk pembangunan lapas baru merupakan program Kemenkumham. 
"Kita upaya yang kita lakukan yang bisa kita bantu di tingkat provinsi. Ya..., sebatas ini memang yang kita berikan bantuan,"tandasnya wagubri. (SB)***

Post a Comment

0 Comments