Pangdam III Siliwangi Tutup TMMD Ke-106 di Desa Parakanmanggu


Pangandaran LHI
Panasnya terik matahari tidak menyurutkan semangat warga yang menyaksikan acara penutupan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 yang di laksanakan Kodim 0613 Ciamis di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Kamis (31/10/2019).
Pada kesempatan pidatonya Pangdam lll Siliwangi Letjen TNI Tri Soewandono menyampaikan, selama pelaksanaan TMMD ke 106 telah menunjukan keberhasilan yang luar biasa, bukan hanya dalam pembangunan infrastruktur fisik saja, namun bisa membangun kesadaran masyarakat terhadap hidup berbangsa dan bernegara.“Dengan program ini kita bisa menumbuhkan jiwa kebersamaan, semangat gotong royong antara TNI, Pemda dan masyarakat,” ujarnya.
Dia meminta, untuk mempertahankan kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI dan rakyat yang sudah terjalin selama TMMD serta meningkatkan semangat untuk bekerja dan membangun bersama, sebagai realisasi semangat gotong royong yang merupakan warisan asli bangsa Indonesia.
Pertahankan hasil hasil yang telah dicapai dalam pelaksanaan TMMD. Teruskan membangun dan mengembangkan potensi desa masing masing, adakan evaluasi pada setiap tahapan kegiatan guna menyempurnakan dan mengembangkan kegiatan TMMD selanjutnya,” paparnya.
Sementara Komandan Kodim 0613 Ciamis letkol Arm Tri Arto Subagio mengatakan, selama program TMMD yang dilaksanakan di Desa Parakanmanggu dari awal sampai akhir, tidak menemukan kendala berarti sehingga apa yang direncanakan berjalan dengan lancar“Alhamdulilah kita tidak menemukan masalah, baik diantara prajurit dan masyarakat, karena pada perinsipnya segala macam oprasi militer itu selain tujuan pembangunan tercapai juga faktor keamanan,” ujarnya.
Menurutnya, pada TMMD kali ini sangat luar biasa dan partisipasi masyarakat sangat tinggi. “Inilah yang kita harapkan, bukan hanya pembangunan fisik dan non fisinya saja, namun bagaimana masyarakat itu bisa berbaur dengan TNI dan itu akan menjadi kekuatan yang tidak gampang dikalahkan oleh kekuatan apapun,” ungkapnya. (AGUS.S)***

Post a Comment

0 Comments