PDAM Tirta Dumai Bersemai Hadirkan Sosialisasi Teknologi Baru Pengolahan Air Gambut


Kota Dumai, LHI
Air bersih menjadi sumber yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Namun air bersih yang ada di kota Dumai belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari.
PDAM Tirta Dumai Bersemai pada hari Jum'at (27/9/19) di ruang instalasi pengolahan air jalan Jendral Sudirman nomor 18 kecamatan Dumai Timur menghadirkan PT Bayu Surya Bakti dalam rangka mensosialisasikan teknologi pengolahan air gambut menjadi air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sebelumnya, PT Bayu Surya Bakti bersama pimpinan dan jajaran PDAM Tirta Dumai Bersemai telah melakukan ekspose di Hotel Grandzuri dari jam 08.30 wib hingga jam 11.15 wib.
Sosialisasi atau uji coba teknologi pengolahan air gambut menjadi air bersih dengan sistem IPA Mini yang di paparkan oleh nara sumber I Nyoman Yasa N dari PT Bayu Surya Bakti pada jam 14.00 wib siang dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) M Syahminan ST didampingi Kepala Bidang Cipta Karya yang mewakili pemerintah kota Dumai.
Selain itu hadir juga Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi SPAM KPBU Riau bersama anggota, Direktur PDAM Tirta Terubuk kabupaten Bengkalis diwakili Kepala Bagian Teknik Abel Iqbal ST dan pihak PT Adhi Karya perwakilan Dumai.
I Nyoman Yasa N sebagai nara sumber dalam penjelasannya mengaku produk atau alat IPA Mini yang diperkenalkannya bernilai Rp 65 juta mampu menghasilkan air bersih dengan kapasitas 500 liter perjam. "Kapasitas produk yang ditampilkan sekarang ini hanya 500 liter perjam. Namun kita mampu lebih besar lagi seperti yang sudah kita buat dan lakukan di negara Filipina. Besarnya kapasitas yang kita punya bisa mencapai 200 liter perdetik", kata Nyoman.
Tidak hanya itu saja, kwalitas produk hasil olahan langsung dapat diminum sehingga bisa menjadi peluang untuk membuka usaha produk minuman air mineral kemasan botol maupun gelas.
Di ujung pertemuan, I Nyoman melakukan perbandingan antara air bersih hasil olahannya dengan air mineral botol 600 ml yang di konsumsi tamu undangan. Dan dari hasil perbandingan tersebut ternyata lebih bagus produk air hasil olahan yang PT Bayu Surya Bakti. (S Nst)

Post a Comment

0 Comments