DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Sekda H. Yulian Norwis, SE, MM Menutup Resmi MTQ Ke-XI/2019 Tingkat Kab.Meranti


Meranti LHI.
Acara penutupan MTQ 2019, malam berlangsung meriah dan Sukses di Hadiri ribuan warga Kota Selatpanjang sktarnya dan para tokoh masyarakat tilawatil Qur’an (MTQ) ke XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Resmi di tutup. Penutupan berlangsung di lakukan oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE, MM bertempat di Kecamatan Tebing Tinggi Rabu Malam 24/07/2019.
Turut hadir bersama Sekda Meranti, Kajari Meranti Budi Raharjo SH, MH, dan Ramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Kepala Kantor Kemenag Meranti H. Darwison, M.Ag, OPS Polres Meranti, dan Posal Ketua MKH LAM Meranti H. Riduan Hasan, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati dan Jajaran Pejabat dan Pejabat Eselon II, Kabag Kesra Sekdakab. Meranti Drs. Husni Gamal dan jajaran Pejabat Eselon III, para Camat Se-Kabupaten Meranti, Tokoh Masyarakat / Agama dan sekitarnya.
Penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019, ditandai dengan pemukulan Beduk oleh Sekretaris daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM dan Kabag Ops Polres Meranti disaksikan Forkopimda dan seluruh masyarakat yang hadir.
Kegiatan diawali dengan pembacaan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Abdullah Qori Terbaik Cabang Tilawah Utusan Pulau Merbau Abdullah.
Seperti diketahui kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan ukuah islamiah sekailgus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membca, menulis mengamalkan dan menghafal Al-Qur’an. Diharapkan dengan momentum ini masyarakat dapat mengamalkan isi dan kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diusung “Dengan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 kita aktualisasi nilai AL-Qur’an untuk mencerahkan kehidupan beragama rukun dan damai”. 
Dalam pidatonya Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan acara MTQ Kabupaten, khususnya panitia dan Kecamatan Tebing Tinggi Selaku tuan rumah.
Terima kasih yang sama juga disampaikan Sekda kepada Dewan dan Majelis Hakim yang telah melaksanakan tugas dengan baik, melakukan penilaian terhadap Qori dan Qoriah terbaik Meranti, diharapkan para Qori dan Qoriah terbaik yang akan mewakili Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Kampar nantinya dapat menual prestasi gemilang.
Lebih jauh dikatakan Sekda, tahun lalu prestasi Meranti di ajang MTQ Tingkat Provinsi Riau agak menurun dan melalui MTQ Ke-XI Tingkat ini Sekda berharap Meranti dapat menjadi yang terbaik sehingga meraih prestasi sesuai yang diharapkan.
Dan yang tak kalah penting ajang MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019 ditegaskan Sekda H. Yulian Norwis, jangan hanya Sekedar pelaksanaan kegiatan rutin harus dimaknai dengan mengamalkan isi kandungan AL-Qur’an dapat terhindar dari bala bencana dan menjadi negeri yang Baldatun, Toyyibatun Warabun Ghofur.
“Mari Pelajari, pahami dan aplikasikan Al-Qur’an dengan sebaik-baiknya agar kita semua diberi keselamatan oleh Allah SWT”, ujarnya lagi.
Sebelum menutup piadtonya, Sekda mengucapkan selamat kepada Qori dan Quriah yang berhasil menjadi juara dan bagi yang belum juara diharapkan dapat  terus berlatih pembinaan maksimal oleh LPTQ Kecamatan sehingga di ivent-ivent berikutnya dapat menuai prestasi gemilang.
Sekedar informasi dari hasil penilaian Dewan Hakim dan Majelis Hakim, menetapkan Qori terbaik MTQ Ke – XI Tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019 oleh Sekretaris Dewan Hakim H. Zulkhairi, S.Ag, Dewan Hakim memutuskan Hasbullah Peserta Tilawah Cabang Dewasa dengan nilai 94.8 Utusan Kecamatan Plau Merbau.
Sementara untuk juara MTQ Kali ini mulai dari urutan terkahir adalah juara 9, Kecamatan Merbau jumlah Nilai 5, Juara 8 Rangsang pesisir 19, Juara 7 Tasik Putri Puyuh 25, Juara 6 Pulau Merbau 27, Juara 5 Rangsang Barat jumlah Nilai 33, Urutan  4 Kecamatan Rangsang Nilai 34, Juara 3 Kecamatan Tebing Tinggi Barat Nilai 35, Juara 2 Kecamatan Tebingtinggi Timur 43 dan juara Umum jatuh pada tuan Rumah Kecamatan Tebing Tinggi nilai 74
Acara penutupan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti ditutup dengan penyerahan piala bergilir dari Sekretaris Daerah kepada Camat Tebing Tinggi Helfandi SE M.Si yang keluar sebagai juara umum dan piala kepada Qori serta Qoriah yang keluar sebagai pemenang.
MTQ kali ini diikuti oleh 341 peserta yang berasal dari utusan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Meranti, kegiatan MTQ yang digelar selama 5 hari ini memperlombakan beberapa cabang yakni pertama Cabang Tilawah Qur’an, kedua Cbaang Tahfiz dan Tafsir Qur’an, ketiga cabang Khatal Qur’an, keempat Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ. (ADV. DPRD Meranti /PONIATUN).

Post a Comment

0 Comments