Polres TNI Bersama Pemda Kabupaten OKU Selatan Bentangkan Merah Putih Raksasa di Air Danau Ranau


OKU Selatan, LHI
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74, Polres Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan bersama pemerintah Kabupaten OKU Selatan mengadakan kegiatan Pembentangan Sang Saka Merah Putih Raksasa di air Danau Ranau Kecamatan Banding Agung Kabupaten OKU Selatan.
Pembentangan Sang Saka Merah Putih Raksasa ini dilakukan di Pantai Pelangi Danau Ranau oleh gabungan tim penyelam dari Polres OKU Selatan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Komunitas Ranau Rafting dan Komunitas Penyelam Alam Danau Ranau, Senin(12-08-2019).Tampak hadir pada acara tersebut Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan, Kapolres OKU Selatan dan jajarannya, para OPD dan SKPD, tamu undangan dan Masyarakat.
Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Popo Ali, kata sambutannya mengatakan ide dari kegiatan ini berawal dari obrolan santai antara dirinya dan Kapolres OKU Selatan, Deny Agung Indrayana. Saat itu mereka sedang membahas kegiatan dalam rangka memperingati HUT RI Ke-74 dan Kapolres menyampaikan idenya untuk membentangkan sang saka di air Danau Ranau. Selanjutnya ide itu diwujudkan dengan menjadwalkan kegiatan Pembentangan Sang Saka Merah Putih Raksasa dalam rangkaian agenda kegiatan memperingati HUT RI ke -74 di Kabupaten OKU Selatan.
Kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten OKU Selatan. Berbagai persiapan telah dilaksanakan jauh hari dengan harapan kegiatan ini sukses dan lancar tanpa halangan apapun. Selain itu, adanya kegiatan ini juga sebagai upaya promosi wisata Danau Ranau menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten OKU Selatan.
"Pembentangan Sang Saka Merah Putih Raksasa ini merupakan yang pertama kali dilakukan di OKU Selatan. Ukuran bendera yang akan dibentangkan yakni 10 x 20 M. Ukuran yang sangat besar dan dibentangkan di atas air Danau Ranau yang juga luas dan dalam. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses," Ujar Popo dalam pidatonya.
Acara dilanjutkan dengan prosesi pembentangan Sang Saka Merah Putih Raksasa yang dimulai dengan membawa rombongan penyelam ke tengah danau yang dipimpin langsung oleh Kapolres OKU Selatan, dilanjutkan dengan rombongan pembawa bendera Raksasa dan terakhir membawa rombongan Bupati, Wakil Bupati dan jajarannya.
Sebelum Sang Saka dibentangkan, selayaknya pengibaran bendera pusaka dilakukan penghormatan terlebih dahulu. Dengan diiringi lagu Indonesia Raya Sang Saka Merah Putih Raksasa mulai dibentangkan oleh gabungan tim penyelam dan begitu lagu berakhir, Sang Saka Merah Putih Raksasa terbentang sempurna di atas air Danau Ranau. 
Bupati OKU Selatan saat diwawancarai awak media usai acara mengungkapkan apresiasi yang luar biasa atas suksesnya kegiatan ini. Bupati OKU Selatan juga memberikan piagam penghargaan kepada tim penyelam yang telah sukses membentangkan Sang Saka Merah Putih Raksasa di atas air Danau Ranau ini.
            "Saya berikan apresiasi luar biasa karena walaupun kegiatan ini untuk yang pertama kali dilakukan namun dapat  berjalan lancar dan sukses. Ini sesuatu yang patut dibanggakan,"Pungkas Popo. ( Bas, Rahim )



Post a Comment

0 Comments