Pemkab Pangandaran Serahkan Sertifikat Lahan Untuk Digunakan Sebagai Makodim


Pangandaran LHI
Pemkab Pangandaran menyerahkan sertifikat lahan yang akan digunakan sebagai Markas Komando Distrik Militer (Makodim) Pangandaran.Secara simbolis Serah terima dilakukan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata kepada Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio di ruang kerja Bupati, Senin 26 Agustus 2019 siang tadi.
            Hadir dalam kegiatan tersebut, Pasi Log Kodim 0613/Ciamis, Kapten Arh Agus Purnomo, Danramil 1321/Parigi, Kapten Arh Usep Komarudin, Asda 1 Pangandaran, Tatang Mulyana SH.MM dan Kepala DPKAD Pangandaran, Drs Hendar Suhendar.
            Bupati Jeje Wiradinata menyampaikan tanah yang dihibahkan untuk kodim Pangandaran seluas 5 hektar terletak di Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi. "Adanya  Makodim di Pangandaran bertujuan untuk mengcover keamanan 10 kecamatan yang ada di Kab.Pangandaran," kata Jeje.
Dia mengatakan, Pangandaran memiliki pantai sepanjang 91 kilometer, maka akses masuknya ke wilayah ini sangat komplit termasuk melalui laut. Maka, tutur Jeje, segala potensi ganguan keamanan semisal penyelundupan manusia juga imigran gelap dan lainnya sangat besar. "Mudah-mudahan kedepan dengan kehadiran Kodim Pangandaran, keamanan wilayah ini semakin terjamin," ujarnya.
            Namun Jeje menjelaskan, luas tanah yang diperlukan memang belum sesuai, karena lahan untuk asramanya belum ada. "Selain itu, akses masuk masih jadi kendala karena letaknya di dalam, sehingga masih diperlukan pembebasan lahan dan itu akan dilakukan secara bertahap," pungkasnya.
            Sementara Dandim 0613/Ciamis, Letkol Arm Tri Arto Subagio menyampaikan penyerahan sertifikat tanah untuk pembangunan kodim di Pangandaran ini merupakan momentum bersejarah.Menurutnya, letak geografis Pangandaran yang sangat terbuka dan memerlukan pengawasan dan pengamanan dari TNI.
            "Pangandaran juga daerah pariwisata yang tentu banyak orang asing  yang datang, sehingga sangat diperlukan pengawasan ketat. Maka sudah semestinya ada kesatuan TNI setingkat Kodim," ungkapnya.
            Selain itu,  kata Dandim, selain TNI AD, kedepan akan di bentuk pasukan lain dari TNI AL serta TNI AU.
Tri Arto juga menjelaskan, sesuai ketentuan anggaran pembangunan Makodim adalah dari TNI. Pemkab Pangandaran hanya berkewajiban menyediakan lahannya. Maka dengan diserahkannya sertifikat ini, Dirinya memperkirakan pembangunan Makodim akan dimulai tahun depan. (Agus S)

Post a Comment

0 Comments