Ketua DPP Perkumpulan WYPB dan LKP PAN.RI Akat Bicara Tuntut Keadilan Atas Penangkapan Prasetio




Rokan Hilir-LHI
Ketua DPW Perkumpulan Wahana Yudha Putra Bangsa (WYPB) Propinsi Riau Sunardi dan Wakil Ketua Lembaga Koordinasi Pemerantasan Korupsi Penyelamat Aset Negara Republik Indonesia (LKPK.PAN.RI) Syahrul Munte akhirnya angkat bicara terkait dengan penangkapan Prasetio pada tanggal 18/08/2019 atas perbuatan dugaan tindak pidana pemakaran lahan oleh Polsek Tanah Putih belum lama ini.
Menurut Sunardi pembakaran lahan itu terjadi sekitar pukul 19.30 wib pada lingkungan lahan kebun karet tua sebanyak lebih kurang tiga pokok di kepenghuluan Cempedak rahuk kec.Tanah Putih tepatnya di sebelah tembok gedung IPDN.
Lahan tersebut akan digunakan oleh Prasetio untuk bercocok tanaman sayur seluas dua rantai kemudian lahan tersebut bukan milik Prasetio tapi adalah milik Daliman yang bertempat tinggal di Benggala Dua Lima.

Pada saat terbakar prasetio telah ditangkap oleh pihak kepolisian Polsek Tanah Putih untuk dimintai keterangan namun kemudian prasetio tidak ditahan atau di kembalikan selanjutnya pada tanggal 26 Aguatus 2019 sekitar pukul 08 wib sdr Prasetio di tangkap lagi dari pihak Polres Rokan Hilir untuk dimintai keterangannya kembali namun sampai sekarang Prasetio ditahan dan belum kembali."Terang Sunardi.
Atas kejadian tersebut kita sangat perhatin dengan nasip sdr prasetio pasalnya dia adalah tergolong masyarakat lemah dan miskin,demi untuk menghidupkan anak istrinya Sdr Prasetio hanya bekerja sebagai petani yang bertanam sayur-sayuran,bercocok tanam bukan dilahan miliknya sendiri hanya bisa menumpang di lahan-lahan orang lain.

Atas rasa keperihatinan dan kepedulian kami terhadap nasib Sdr Prasetio itu maka kami nilai ini tidak adil untuk di tegakan hukumnya persoalannya kami juga menemukan ada lahan seluas lebih kurang Delapan Hektar yang terbakar yang lokasinya tidak jauh dari lahan tempat Sdr Prasetio menanam sayur,namun hingga saat ini pemilik lahan itu tidak di proses secara hukum."Katanya.

Senada dengan itu Wakil ketua LKP.PAN.RI Syahrul Munte juga angkat bicara,"kita sangat perihatin kalau mau di tegakan hukumnya tentang pemakaran laha itu sasarannya jangan kepada orang lemah saja tapi harus adil kepada semua pihak yang punya lahannya terbakar misalnya itu kan bisa saja ditegakan hukumnya karena kelalaiannya."katanya.
“Jadi atas prestiwa yang menimpa Sdr Prasetio itu,kita berharap kepada pihak kepolisian bisa membebaskan Sdr Prasetio dari jeratan dan tuntutan hukum."Tandasnya.(SB)****

Post a Comment

0 Comments