Bawaslu Pangandaran Sukses Menggelar Sosialisasi Refleksi Tahapan Pemilu 2019


Pangandaran LHI
Kegiatan sosialisasi refleksi tahapan pemilu pada pemilihan umum tahun 2019 yang diselenggarakan Bawaslu Kabupaten Pangandaran berlangsung sukses, kegiatan di selenggarakan di Hotel Grand Aquarium Pangandaran, Jumat (30/08/2019).
            Acara refleksi tahapan pemilu 2019 di ikuti oleh seluruh unsur yang pernah terlibat dalam pesta demokrasi lima tahunan, beberapa unsur yang pernah terlibat di antaranya Gakkumdu, Organisasi pemantau pemilu, ASN, Mahasiswa, LSM, Panas,  Pramuka, Tokoh Agama, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan unsur lainnya.
Ketua Bawaslu Jawa Barat Abdulah menyampaikan beberapa capaian penguatan kinerja dan pada tahapan Pemilu 2019 Bawaslu Kabupaten Pangandaran sudah di lakukan, mulai penguatan kelembagaan pengawas pemilu, pelatihan dan pembinaan SDM pengawas pemilu, kemudian dilakukan melalui rapat koordinasi pengawasan tahapan, rapat kerja teknis pengawasan tahapan hingga pasilitas sentra penegakan hukum terpadu,(GAKKUMDU).
Acara ini pun merupakan agenda terdekat seperti menjelang Pilkada yang akan di laksanakan di kabupaten Pangandaran sehingga bisa berkorelasi bagai mana Pileg dan Pilpres yang sudah kita lakukan, ada hasil evaluasi yang penting kaitan dengan pungutan dan persiapan mengawal proses Pilkada mendatang.
Untuk selanjutnya Abdulah menambahkan, acara refleksi tahapan pemilu 2019 ini, secara umum merupakan persiapan pemilu kedepannya, Pungsi kelembagaan Bawaslu akan di nilai oleh publik, semacam apa dan apa yang di harapkan macam apa, kinerja semacam apa termasuk juga desain pemilu kita.
Konsep keserentakan ini mempunyai keseriusan soal baik itu dalam parlementer atau konsistensi pada presidentilnya, berarti itu perlu di lihat soal kemampuan penyelenggaraan pemilunya dan efektivitas penyelenggara pemilunya, pungkasnya.
Di waktu yang sama Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan menyampaikan, kita sudah melakukan upaya pencegahan pelanggaran dan peningkatan pengawasan partisipatif masyarakat pada Pileg, Pilpres 2019
upaya pencegahan pelanggaran dan peningkatan pengawasan partisipatif masyarakat tersebut di lakukan melalui rakor dengan mitra kerja dan alhamdulillah terlaksana dengan baik.(AGUS.S)***

Post a Comment

0 Comments