Bupati Pangandaran Hadiri Acara Ekspos Potensi Zakat ASN


Pangandaran LHI
Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata mendukung pemotongan persen gaji ASN muslim di lingkungan Pemkab Pangandaran. Menurutnya, hal ini bisa dilakukan mengingat potensi zakat ASN di daerahnya belum tergarap optimal.
Pemotongan gaji ASN ini sebenarnya telah dilakukan sejak beberapa tahun kebelakang dan dikelola oleh Baznas Pemkab Pangandaran, namun dari ASN ini baru mampu menghimpun beberapa persen saja per bulannya , sementara potensi sesungguhnya bisa lebih besar lagi," ujar dia dalam sambutanya,  Jumat (12/7).
Sebab, potensi zakat dari ASN ini sesungguhnya juga masih terbuka jika dioptimalkan. Kalau potensi zakat ini mampu dioptimalkan, maka zakat yang terhimpun dari ASN di daerahnya tidak lagi hanya ratusan juta rupiah. Namun bisa mencapai angka miliaran rupiah.
Artinya, nilai kemanfaatan dana umat yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Pangandaran tersebut juga akan semakin besar. "Karena zakat ini dikelola secara profesional untuk kemaslahatan umat," kata Jeje.
Kita juga menginginkan, para ASN di lingkup kabupaten Pangandaran juga bisa memahami manfaat zakat bagi diri dan umat yang sangat membutuhkan.paparnya.
Di waktu yang sama  Drs Hendri Suganda ketua BAZNAS memaparkan,  seperti yang kita saksikan, Bupati Pangandaran H jeje Wiradinata telah memberikan pemahaman yang sangat mendasar, tekhnisnya nanati di tidak lanjut oleh Bp Sekda, Asda 1, Kabag Kesra dan saya dari BAZNAS.
Hendri menambahkan, dari sisi potensi saya sangat optimis, semua ini nanti tergantung pada masing masing Kepala SKPD nya,  namun saya optimis dari masing masing dinas bisa masuk 75%, berarti tinggal 25%, nanti di beri pendalaman kembali terutama oleh MUI, dan kita yakin pada bulan Agustus yang 75% dari ASN sudah masik.
Memang selama ini ada 5 Dinas di kabupaten Pangandaran yang belum masuk, namun saya tidak bisa menyebut satu satunya, makanya kita mengadakan acara seperti ini sudah ke empat kalinya dalam kurun waktu 2,5 tahun kebelakang, hanya sekarang ini pa Bupati lebih tajam lagi menggiring para ASN, karena kita lihat potensinya cukup besar hingga 5,6 milyar, atau kalau di rata ratakan mencapai 450 juta perbulan, pungkasnya. (AGUS.S)







Post a Comment

0 Comments