Tradisi Pelepasan Siswa Kelas 6 dan Kenaikan Kelas di SDN 1 Karangbenda


Pangandaran LHI
Tradisi pergeseran kelas dan perpisahan siswa kelas VI di SDN 1 Karangbenda berlangsung meriah, nampak seluruh orang tua siswa sangat berantusias untuk menyaksikan penampilan putra putrinya yang tampil dalam kremasi seni dan budaya di atas panggung yang megah.
        Saat di konfirmasi Kepala SDN 1 Karangbenda, pelepasan atau perpisahan tersebut merupakan tradisi yang sudah ada dari zaman dulu. Selain untuk membangun budaya silaturahmi, juga untuk mempertegas kembali kepada siswa apa yang harus dilakukan setelah tamat dari Sekolah Dasar.
        Karena di dalam perpisahan tersebut, ajang untuk memberikan nasehat, memberikan penguatan. Kita menghantarkan mereka agar tetap fokus, sebab, setelah dari Sekolah Dasar, bukan berarti pendidikan berakhir, tapi titik awal untuk menapaki jenjang pendidikan yang lebih tinggi,”ucapnya.
        Apalagi di saat ini pemerintah memiliki program Pendidikan gratis, semua itu agar putra putri Pangandaran mendapatkan pendidikan yang layak, agar kedepan bisa terlahir generasi penerus yang handal dan berkualitas. 
        Di waktu yang sama Kepala Desa Karangbenda H Indik Siswaya SPd pada sambutannya menyampaikan , dalam acara pergeseran kelas dan pelepasan siswa kelas VI, tentunya harus ada nilai-nilai yang positif yang dapat dipetik oleh siswa tersebut.
Indik berharap, acara seperti ini tentu harus di laksanakan dengan baik, artinya harus ada yang berharga yang disampaikan di dalam kegiatan tersebut, isi dari pergeseran kelas dan perpisahan itu memberikan bentuk motivasi dan kesan yang mendalam bagi seluruh siswa kita di sekolah.
        Dengan acara seperti ini kita ingin anak-anak agar memiliki kesan positif, kemudian membangun persaudaraan kebersamaan yang lebih erat untuk mencapai satu tujuan yaitu menghasilkan anak didik yang kreatif dan mandiri, pungkasnya. (AGUS.S)

Post a Comment

0 Comments