Desa Gogok Darussalam Sebuah Desa Perkebunan Pertanian Tanaman Muda di Kecamatan Tebing Tinggi Barat


Meranti LHI.
Baru-baru ini LHI turun kelapangan di lokasi Desa Gogok Darussalam. Dilokasi tersebut perkembangan perkebunan pertanian tanaman muda milik masyarakat pertumbuhannya sangat subur di lokasi tanah tersebut ! Tanaman perkebunan pertanian muda adalah jenisnya jagung, Ubi, kacang, pisang dan bermacam-macam jenis sayuran ! di semua petak hamparan lahan terlihat hamparan sepanjang jalan ! Kebun tanaman masyarakat salah satu contoh jalan sibuah yang baru siap di bangun oleh Kepala Desa Gogok di kiri kanan jalan tersebut terlihatlah tanaman Ubi dan Tanaman jagung yang sangat subur di lokasi milik masyarakat.
Masyarakat mengolah lahannya secara manual yaitu menggunakan cangkul / pacul. Seperti Pak Tolep penduduk Desa Gogok mengolah lahannya menggunakan Cangkul / Pacul ! lahan kebun Pak Tolip di pinggir jalan sibuah penuh ubi dan jagung yang sangat subur. Mengolah lahannya bermodal sendiri dan belum ada sentuhan bantuan dari pihak yang terkait di Pemda Meranti.
Mayoritas penduduk di Desa Gogok adalah petani tanaman muda ! di sepanjang jalan poros terlihatlah kiri dan kanan jalan poros tersebut tanaman ubi dan jagung dan sayuran ! apalagi masuk di permukiman masyarakat semua lahan penuh dengan tanaman muda dan sayuran !
Termasuk dipinggir jalan poros terlihatlah ibuk-ibuk deretan kios kiosnya menjual hasil pertanian ! untuk ole-ole y ang berlalu melintas Desa, Desa Gogok tersebut. Desa Gogok Darussalam letaknya sangat strategis di tepi sungai perumbi ! Jalan prosonya sudah di Hokmek sampai ke Ibu Kota Kabupaten Meranti Selatpanjang ! sehingga petani perkebunan di Desa Gogok berkembang secara alami.
Oleh sebab itu, petani dan pengebun tanaman muda perlu mendapat pembinaan secara teknis dari Dinas yang terkait serta bantuan dana dari Pemkab Meranti ! supaya Desa tersebut menjadi desa percontohan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Desa Gogok memerlukan kejelian kepala wilayah Kecamatan dan jajarannya sampai keperangkat Desa-desa untuk menggali potensi daerah di Kecamatan tersebut. Pendataan dan gambaran sebuah profil Kecamatan dan profil di setiap Desa-desa yang tergabung di payung ruang lingkup kecamatan masing-masing di Kabupaten Meranti khususnya di wilayah Kecamatan Tebing  Tinggi Barat  ! Apalagi di Desa Gogok sudah di bangun gedung kantor Kapolres Kepualuan Meranti ! tentu semakin Ramai Daerah tersebut di kunjungi masyarakat Kepulauan Meranti.
Semoga Desa Gogok menjadi Desa percontohan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat. Terlaksananya lahan lokasi Kantor Polres Meranti ! Berkat perjuangan Kepala Daerah Meranti Drs. IRWAN, M.Si ! sebagai Bupati Kepulauan Meranti. (RAMLI ISHAK)


Post a Comment

0 Comments