Pemilihan Ketua RT Terkesan Tampil Beda

Batam,LHI - Pemilihan Ketua RT.005/RW.001 Kelurahan Batu Selicin, Kecamatan Lubuk Baja - Batam diselenggarakan dilapangan Mushollah Baabusallam yang dipilih langsung oleh seluruh warga RT.005 dan disaksikan oleh Ketua RW.001 Bapak M. Aleng pada hari Sabtu (18/05) pada pukul 21.00 s/d selesai berlangsung aman, damai dan terkesan demokratis.

Pemilihan Ketua RT kali ini terkesan tampil beda dengan pemilihan Ketua RT sebelumnya, kali ini terlihat adil karena dilangsungkan berdasarkan hasil musyawarah warga sebelum dilaksanakannya pemilihan calon Ketua RT dan semua warga berhak mencalonkan diri sebagai Ketua RT dengan syarat ber KTP dan KK di RT.005 dan memiliki rumah sendiri.

Pencalonan Ketua RT dipungut biaya pendaftaran sebesar Rp.250.000 (Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah) per calon RT dan biaya tersebut digunakan panitia penyelenggara pemilihan untuk konsumsi buat warga selama musyawarah, konsumsi selama proses pemilihan, dan biaya pembuatan kertas suara beserta surat undangan buat warga, dan biaya lain-lain.

Ada 4 (Empat) orang calon Ketua RT yang maju kali ini antara lain nomor urut 1. Fritles Simanjuntak, nomor urut 2. Suyono (Petahana), nomor urut 3. Kamsi, dan nomor urut 4. Boy Tanjung. Penentuan nomor urut dilakukan dengan cabut nomor sendiri oleh para calon Ketua RT bersama panitia penyelenggara.

Sebelum dilaksanakan pemilihan, masing-masing calon memperkenalkan diri dihadapan warga dan menyampaikan visi dan misi jika terpilih sebagai Ketua RT, kemudian langsung dilaksanakan proses pemilihan secara langsung, umum, bebas dan rahasia layaknya seperti pemilihan Presiden dengan kertas suara yang ada nomor urut, foto dan nama masing-masing calon.

Berdasarkan hasil pemilihan, penghitungan suara langsung dibacakan malam itu juga dan langsung diputuskan pemenangnya oleh panitia penyelenggara bersama Ketua RW, dan pemilihan kali ini dimenangkan oleh calon nomor urut 2 yaitu Bapak Suyono yang kebetulan sebagai petahana dengan memperoleh 88 suara.

Adapun perolehan suara calon lain yaitu, nomor urut 3 memperoleh 47 suara, nomor urut 1 memperoleh 45 dan nomor urut 4 memperoleh 11 suara. Dengan berlangsungnya pemilihan Ketua RT ini dan dengan diputuskannya pemenangnya warga berharap semoga kedepannya pelayanan terhadap warga semakin meningkat dan warga semakin kompak.

 (J. Sinurat)

Post a Comment

0 Comments