Cetak Sawah Tahun Anggaran 2013 di Kabupaten Kepulauan Meranti Harus Diperiksa oleh Tim Penegak Hukum dari Pusat


Meranti LHI.Dengan adanya penerima manfaat bantuan Sosial Kegiatan Sarana dan Prasarana pada Dinas Pertanian, Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun Anggaran 2013, yaitu Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat untuk kesejahteraan  masyarakat petani di Meranti.
     Namun program pemerintah tersebut di nilai gagal,di salah satu desa penerima manfaat program cetak sawah  tersebut yakni di desa Renak dungun  kecamatan pulau merbau dengan pagu angggaran 1,5 m di nilai gagal.
     Berdasarkan pantauan di lapangan di lokasi program cetak sawah tersebut kini banyak di tumbuhi semak belukar.
      Menurut keterangan sumber yang dapat di percaya bahwa yang menjadi PPL cetak sawah di kecamatan pulau merbau pada saat itu adalah berinisial JK yang saat ini menjabat sebagai kepala dinas Pertanian,Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Meranti.
      Adapun jumlah desa yang menerima manfaat bantuan Sosial Kegiatan tersebut sebanyak 7 Desa dan 4 Kecamatan. Desa yang menerima bantuan sosial dari Pusat Tahun 2013, 1 Desa Renak Dungun (1,5 Miliar), 2. Desa Tanjug Gadai (1 Miliar) 3. Desa Anak Setatah (di bawah 1 Miliar), 4.Desa Sungai Cina (di bawah 1 Miliar), 5. Desa Topang (di bawah 1 Miliar), 6. Desa Mekar Baru (di bawah 1 Miliar), 7. Desa Penyagun (di bawah 1 Miliar).
Tujuh desa tersebut masuk dalam 4 Wilayah Kecamatan di Meranti, yakni Kecamatan Pulau Merbau, Kecamatan Tebingtinggi Timur, dan Kecamatan Rangsan dan Kecamatan Rangsang Barat.
 Sesuai dengan fakta yang ada  LHI coba untuk menemui Kepala Dinas Pertanian di Kantornya  pada Tanggal 24-05-2019 lalu , namun tidak ada di tempat dihubungi melalui telepon pun tidak diangkat.
Ketua LSM PEKKI Riau Muhammad  Rasyid di Selatpanjang mengatakan bantuan tersebut bukan hanya untuk mencetak sawah saja tapi bantuan yang lainnya seperti alat kebutuhan pertanian dan  bantuan pupuk bersubsidi,ungkapnya
         Di Kecamatan mana Pupuk Subsidi  disalurkan oleh Pihak Dinas Pertanian ?. dan alat-alat pertanian ?. katanya  
Baru-baru ini ,lanjut M Rasyid  ada alat pertanian terkapar di pinggir jalan Desa Kundur di Kecamatan Tebing Tinggi Barat,sampai dimana tanggung jawab Dinas tersebut ?
Pemerintah Pusat harus memeriksa Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan terhadap aliran dana bantuan dari pusat terhadap masyarakat kecil di Kabupaten Kepualuan Meranti. Pungkasnya. 
 (RAMLI ISHAK).


Post a Comment

0 Comments