PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Pemkab Pangandaran Adakan Rakor Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE)

 


Pangandaran LHI

Pemerintah Kabupaten Pangandaran mengadakan rapat koordinasi (Rakor) evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) bertempat di Ruang Rapat Madasari Kantor Diskominfo Pangandaran pada Selasa, 4 Juni 2024.

Hadir pada acara Rakor tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Pangandaran Dr.H. Kusdiana, M.M. Kepala Diskominfo Kabupaten Pangandaran Tonton Guntari, S.H, Kepala Bidang Aplikasi, Informatika & Persandian berserta staf, Perekayasa Ahli Madya, Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), unsur bagian organisasi dan unsur bagian hukum Sekretariat Daerah, serta Kasubbag umum dan Kepegawaian Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD).

Dikutip dari stitus kominfo.go.id, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

Dalam publikasi Laporan Hasil Evaluasi SPBE 2023 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpanrb), Pemerintah Kabupaten Pangandaran memperoleh indeks SPBE tahun 2023 dengan skor 3.53 (predikat sangat baik), meningkat dari tahun 2022 dengan skor 2.82 (predikat baik) dan tahun 2021 dengan skor 2.38 (predikat cukup).

Menurut Kemenpanrb dalam publikasi tersebut, secara umum keunggulan penerapan SPBE yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran adalah pada penerapan Aspek Kebijakan internal tata kelola SPBE, Perencanaan Strategis, Penyelenggara SPBE, Layanan Administrasi,Pemerintahan Berbasis Elektronik, dan Layanan Publik Berbasis Elektronik.

Namun demikian terdapat beberapa indikator yang peru ditingkatkan.Penerapan SPBE diharapkan menghasilkan birokrasi pemerintah yang integratif, dinamis, transparan, dan inovatif, serta peningkatan kualitas pelayanan publikyang terpadu, efektif,responsif, dan adaptif. (AS)**

 

Post a Comment

0 Comments