PemkabOKU Selatan

PemkabOKU Selatan
Idhul Adha 1445 H

Desa Cibeureum Mengelar Festival Adat Seni dan Kebudayaan dalam rangka Minangkala Ke 45

 



Banjar, LHI

Desa Cibeureum mengelar Festival Adat Seni dan Kebudayaan dalam rangka Minangkala Ke . Pelaksanaan acara Milangkala tersebut di adakan sangat sederhana. Sabtu(08/06/2024).

Minangakala di hadiri oleh para Tokoh masyarakat, para perangkat Desa Cibeureum dan dari berbagai dusun mendapat penghargaan dari kepala Desa sehubungan para tokoh tersebut di anggap telah berjasa kepada masyarakat Desa Cibeureum, dimana para tokoh tersebut dengan sukarela telah memberikan wakaf tanah untuk kepentingan masyarakat desa Cibeureum,"ujarnya.

Kepala Desa Cibeureum saat usai acara di temui awak media Yayan Sukirlan dalam penyampaian pidatonya mengatakan bahwa untuk pelaksana yang sakralnya adalah nanti malam ada hiburan kampung Tari Jaipong, Calung, serta hiburan lainnya. Masyarakat Desa Cibeureum sangat berantusias memeriahkan acara tersebut dengan nanti malam acara puncak hiburan tari Jaipongan dan Calung yang tiap dusun ikut berpartisipasi untuk di acara Minangkala. Yayan juga berpesan untuk semua marga masyarakat Cibeureum yaitu dengan moto Rancage bekerja harus penuh Motipasi dan kreatip tanpa harus diperintah, kata Yayan.

"Salah satu acara yang paling sakral adalah " NGARUAT" desa dalam arti supaya warga masyarakat desa Cibeureum terbebas dari mara bahaya , tentunya dengan mengadakan hiburan sampai pagi,"

Lanjut mengatakan, warga masyarakat mengutamakan kepentingan umum, gotong royong menjadi salah satu ciri khas , hidup ruku damai harmonis saling menghargai satu sama lain, hidup dengan kebersamaan adalah sangat Indah penuh toleransi. Serta penuh kbagiahan dalam memeriahkn Minangkala Desa.(ADE ERIS)****

 

Post a Comment

0 Comments